Seks Kurang dari 5 Menit Apakah Normal? Ini Kata Ahli

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 16 Mei 2023
0 dilihat
Seks Kurang dari 5 Menit Apakah Normal? Ini Kata Ahli
Durasi sering disebut memengaruhi kepuasan dalam berhubungan seks. Foto: Repro Grid.id

" Durasi hubungan intim yang normal adalah tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama, sehingga pasangan tetap bisa merasa sama-sama puas "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa orang menganggap durasi sangat penting untuk mencapai kepuasan dalam berhubungan seks, bahkan banyak yang berpendapat orang yang tahan lama saat bercinta adalah orang yang kuat dan punya performa baik di atas ranjang.

Namun, sebenarnya berapa lama idealnya berhubungan seks?

Dilansir dari Medan.tribunnews.com, seksolog Zoya Amirin menjelaskan bagaimana durasi bercinta yang baik bagi pasangan. Hal ini disampaikannya seksolog Zoya Amirin dalam acara Sexploration di kanal YouTube GTHINGS.

Zoya mengatakan bahwa durasi hubungan intim yang normal adalah tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama, sehingga pasangan tetap bisa merasa sama-sama puas.

Dibutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan hubungan seks, sekitar 15-20 menit. Zoya Amirin mengatakan bahwa ini adalah waktu yang tepat. Dan pasangan bisa membangun hubungan suami istri yang berkualitas.

Tidak hanya itu, Zoya Amirin juga menjelaskan mengapa pria mengalami ejakulasi yang begitu cepat.

Baca Juga: Dokter Boyke Ingatkan Bahaya Tisu Magic Sebelum Seks

"Pria yang berusia antara 20 hingga 50 tahun mengalami orgasme yang lebih cepat setidaknya satu atau dua kali dalam hidupnya," tutur Zoya

Kondisi ini diketahui disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk berekspektasi tinggi dan keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru. Oleh karena itu, dalam benak pria, ada ekspektasi yang tinggi terhadap pasangannya.

"Akibatnya, ketika momen bermain cinta, belum apa-apa sudah keluar," tambah Zoya.

Zoya menyarankan agar pria terlebih dahulu mengetahui kekuatan dan keterbatasan mereka saat berhubungan seks.

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, pertanyaan tentang frekuensi seksual biasanya muncul ketika salah satu pasangan kurang puas dengan jumlah seks yang mereka lakukan.

Lantas apakah hubungan seks yang kurang dari 5 menit adalah normal?

Lamanya hubungan seks sudah banyak menjadi objek penelitian. Para peneliti bahkan melakukan survei dan mencatat waktu bercinta para pria. Hasilnya, kebanyakan hubungan seksual, mulai dari saat penetrasi hingga orgasme, berlangsung antara 1 hingga 10 menit.

Berdasarkan seluruh penelitian soal waktu, durasi bercinta antara 1 hingga 10 menit itu dialami sekitar 90 persen dari seluruh pria di dunia.

Baca Juga: Jangan Seks Tiap Hari Jika Mau Cepat Hamil, Ini Alasannya

Untuk menggali lebih jauh soal lama bercinta, para peneliti melakukan survey terhadap 50 konsultan dan terapis seks mengenai berapa lama hubungan seks terbaik menurut para ahli. Jawabannya, durasi 3 hingga 7 menit disebut "cukup", sementara 7 hingga 13 menit "sesuai harapan". Menurut para konsultan, waktu 1 hingga 2 menit terlalu pendek, sedangkan 10 hingga 30 menit dianggap terlalu lama.

Ejakulasi dini bila kurang dari 60 detik

Ada banyak penjelasan medis yang menyatakan seseorang mengalami ejakulasi dini atau tidak, namun pada umumnya predikat itu diberikan pada pria yang mengalami ejakulasi kurang dari 1 menit setelah penetrasi.

Kendati demikian, bila Anda 2-3 menit sudah ejakulasi selama suami dan istri sama-sama mencapai orgasme dan tidak ada yang merasa kurang dalam arti gairah atau terlalu cepat, maka tidak menjadi masalah.

Namun jika membuat salah satu pihak merasa tidak nyaman atau bahkan mengganggu dalam memiliki keturunan, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga