Selain Sambut Penumpang, Ini Alasan Lain Pramugari Berdiri di Pintu Pesawat

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
0 dilihat
Selain Sambut Penumpang, Ini Alasan Lain Pramugari Berdiri di Pintu Pesawat
Ternyata pramugari memiliki misi lain saat menyambut penumpang pada pintu masuk pesawat. Foto Repro detik.com

" Pramugari yang berdiri di pintu memiliki misi untuk memperhatikan penumpang yang bisa dibantu dalam keadaan darurat "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita tahu, pramugari bertugas melayani penumpang. Salah satunya dengan menyambut penumpang di pintu masuk pesawat.

Ketika naik pesawat kita akan melihat pramugari menyambut penumpang dengan sikap yang sopan sambil memeriksa tiket.

Namun, tahukah kamu? ternyata ada alasan lain pramugari berdiri di pintu pesawat.

Mengutip dari detik.com, baru-baru ini seorang pramugari melalui akun TikTok-nya @katkamalani, membagikan alasan mengapa pramugari berdiri di depan pintu pesawat.

Kat mengungkapkan bahwa pramugari yang berdiri di pintu memiliki misi untuk memperhatikan penumpang yang bisa dibantu dalam keadaan darurat.

Meski sebentar, namun pramugari sangat memperhatikan detail penumpang. Tak hanya di depan pintu masuk, pramugari yang mondar-mandir di lorong pun terus memperhatikan penumpang.

"Pernahkah Anda berjalan di pesawat dan melihat pramugari berdiri di pintu pesawat dan menyapa Anda? Atau pramugari berjalan mondar-mandir di lorong?" kata Kat Kamalani.

Saat penumpang berjalan masuk ke dalam pesawat, dan melihat wajah pramugari tersenyum, hal tersebut sebenarnya karena mereka sedang memperhatikan sang penumpang dari atas hingga ke bawah untuk mencari ABP.

Apa itu ABP? Mereka adalah penumpang yang bepergian sendiri atau bersama penumpang lain yang berada dalam kondisi fit secara fisik yang diharapkan membantu bila terjadi keadaan darurat.

Misalnya saja terjadi pendaratan darurat, maka ABP bertugas untuk menggantikan pramugari melakukan evakuasi. ABP yang diharapkan pramugari biasanya adalah anggota angkatan bersenjata, polisi, petugas pemadam kebakaran, para dokter, pilot ataupun pramugara yang tidak sedang bertugas.

Bukan hanya itu, pramugari juga akan melihat kemungkinan penumpang saat menyelundupkan sesuatu.

Baca Juga: Ini Daftar Terbaru Orang Paling Kaya di Indonesia, Nomor Satu Hartanya Rp 313,9 Triliun

"Keselamatan penumpang adalah prioritas nomor satu kami, jadi kami hanya mencari hal-hal yang terlihat melenceng," ujar Kat Kamalani.

Selain alasan di atas, berikut 3 alasan lainnya mengapa pramugari menyambut penumpang:

1. Mabuk

Dilansir dari liputan6.com, penumpang yang mabuk biasanya akan menjadi permasalahan. Kerap kali mereka yang mabuk akan menyebabkan kebisingan atau onar.

Selain itu, bau mereka juga tak disukai banyak penumpang lain. Ini tentu mengganggu. Selain itu, orang ini tidak akan membantu apa pun dalam keadaan darurat. Sehingga, mereka akan siap sedia apabila penumpang itu membuat onar.

2. Penyakit Menular

Pramugari juga akan melihat apakah Anda sakit atau tidak. Jika dilihat memiliki penyakit menular yang parah (seperti flu), maka awak kabin bisa saja melarang Anda untuk terbang.

Baca Juga: Cara Hemat Anak Kos Dijamin Aman Sampai Akhir Bulan

Sebab, dalam pesawat terdiri dari banyak orang. Mereka akan terbang bersama dalam kurun waktu puluhan menit hingga belasan jam.

3. Kondisi Tubuh Penumpang

Ada dua alasan mengapa orang dengan kebutuhan khusus atau mengalami cacat fisik harus diberi perhatian khusus.

Pertama, orang yang mengalami cacat fisik sebaiknya tidak duduk di kursi dekat pintu darurat. Karena akan memperberat tugas mereka. Sehingga, beban ini diberikan pada mereka yang dianggap bisa menunaikan tugas itu.

Kedua, mereka harus membutuhkan perhatian tambahan. Pramugari harus menandai tempat duduk mereka untuk diselamatkan terlebih dahulu apabila dalam kondisi darurat. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga