Semut Dapat Mengangkat Beban 50 Kali Lebih Berat dari Tubuhnya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 22 Oktober 2022
0 dilihat
Semut Dapat Mengangkat Beban 50 Kali Lebih Berat dari Tubuhnya
Penelitian menunjukkan bahwa semut dapat mengangkat benda yang beratnya mencapai 50 kali berat tubuhnya sendiri. Foto: Repro Thought.co

" Meski berukuran kecil ternyata semut mampu menopang beban melebihi bobot dirinya sendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak kenal semut, hewan mungil yang selalu menggigit. Semut merupakan serangga dengan famili Formicidae, ordo Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.500 jenis, yang sebagian besar hidup di kawasan tropika. Semut umumnya hidupnya berkoloni.

Meski berukuran kecil ternyata semut mampu menopang beban melebihi bobot dirinya sendiri. Hewan berukuran mungil ini bahkan mampu mengangkat benda meski memiliki bobot 50 kali dari badannya.

Dilansir dari Okezone.com, seorang profesor teknik mesin dan kedirgantaraan di Ohio State University mengatakan bahwa kekuatan semut jauh melampaui perkiraan awal mereka. Semut adalah sistem mekanis yang mengesankan, benar-benar sangat mencengangkan.

"Sebelum memulai penelitian, kami membuat perkiraan yang agak konservatif dimana mereka bisa menahan 1.000 kali beban bila dibandingkan dengan berat badan mereka, dan ternyata jauh lebih banyak," kata Castro.

Mengutip Kompas.tv, hal itu terjadi karena semut memiliki otot-otot yang sangat tebal jika dibandingkan dengan luas tubuhnya, sehingga mereka mampu mengangkat beban yang berkali-kali lebih besar dari berat badannya sendiri.

Baca Juga: Berapa Maksimal Berhubungan Seks dalam Sehari? Berikut Penjelasannya

Sebagai hewan mungil, mudah bagi semut untuk menghasilkan gaya yang sangat besar untuk membawa makanan-makanan yang berat. Selain itu, semut juga bekerja sama dengan koloninya untuk memindahkan objek yang lebih besar lagi.

Dikutip dari Thought.co, fisika kekuatan tubuh semut luar biasa karena memiliki beberapa prinsip fisik dasar tentang bagaimana ukuran, massa, dan kekuatan terkait.

Baca Juga: 4 Artis Cantik Gunakan Alat Bantu Seks untuk Puaskan Hasrat, Nasib Wanita Kesepian

Kekuatan otot sebanding dengan luas permukaan penampangnya. Oleh karena itu, luas permukaan adalah pengukuran dua dimensi, dan diukur menurut kuadrat panjangnya.

Ukuran dan massa hewan, di sisi lain, ditentukan oleh volume. Volume adalah pengukuran tiga dimensi dan dihitung dengan mengalikan tiga dimensi. 

Pada hewan yang lebih besar, volume dan massa yang jauh lebih besar sehingga kekuatan otot harus jauh lebih besar untuk mempertahankan tingkat kekuatan yang sama relatif terhadap berat badan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga