adplus-dvertising

Sidang Isbat Penentuan Idul Adha Digelar 21 Juli

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 03 Juli 2020
586 dilihat
Sidang Isbat Penentuan Idul Adha Digelar 21 Juli
Menteri Agama, Fachrul Razi. Foto: Repro Google.com

" Disana tentu saja diuji masalah dengan cara hisab, dengan cara rukyat ya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Agama RI, bakal menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Zulhijah pada 21 Juli 2020 atau tanggal 29 Zulkaidah penanggalan hijriah.

Penentuan bulan Zulhijah dilakukan untuk menentukan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Hari raya tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Zulhijah.

"Penentuannya tanggal 29 Zulkaidah yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2020," ujar Menteri Agama Fachrul Razi melalui video yang dirilis Kemenag, Kamis (2/7/2020).


Pemerintah bakal menggunakan metode hisab dan rukyat untuk menentukan awal bulan Zulhijah.

Baca juga: DPR Diminta Lindungi Hak Kolektif Perempuan dalam Pembahasan RUU Masyarakat Adat

"Disana tentu saja diuji masalah dengan cara hisab, dengan cara rukyat ya," tutur Fachrul.

"Nanti akan ketemu tanggal berapa jatuhnya 1 Zulhijah itu kemudian tinggal ditambah 10 hari menjadi 10 Zulhijah dan itulah menjadi Hari Raya Idul Adha," tambahnya.

Fachrul telah menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441H/2020M menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Panduan tersebut terbit dalam bentuk Surat Edaran No SE. 18 Tahun 2020. Fachrul berharap melalui panduan ini, pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan COVID-19.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga