Simak 4 Tips Mengatur Jam Tidur saat Menjalani Puasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 31 Maret 2023
0 dilihat
Simak 4 Tips Mengatur Jam Tidur saat Menjalani Puasa Ramadan
Mengantuk saat puasa ramadan disebabkan oleh perubahan ritme bangun-tidur. Foto: hellosehat.com

" Saat bulan ramadan banyak kebiasaan berubah, salah satunya jam tidur. Maka perlu mengetahui tips mengatur waktu tidur yang efektif "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat bulan ramadan banyak kebiasaan berubah, salah satunya jam tidur. Maka perlu mengetahui tips mengatur waktu tidur yang efektif.

Umumnya, dikutip dari hellosehat.com, kita akan lebih mudah merasa mengantuk saat puasa. Hal ini salah satunya terjadi akibat jam tidur saat bulan puasa yang berubah dari biasanya.

Ngantuk saat puasa ramadan disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh yang mengatur siklus bangun-tidur pada manusia.

Baca Juga: 7 Cara Kecilkan Perut Buncit Saat Puasa

Melansir yoursay.id dari Sehatq.com, berikut beberapa  tips mengatur jam tidur saat menjalani puasa:

1. Melakukan power nap atau tidur siang singkat

Jika memungkinkan, kamu bisa menerapkan power nap atau tidur siang singkat di siang hari. Kamu bisa memanfaatkan untuk tidur siang selama beberapa menit.

Tidur siang selama 20-30 menit sudah cukup untuk memulihkan energi dan membuat kamu jadi lebih fokus dan produktif. Aktivitas ini mampu meningkatkan energi dan konsentrasi kembali.

Tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres yang sering muncul saat seseorang kurang tidur di malam hari.

2. Menyusun kembali jadwal tidur yang baik

Salah satu tips mengatur jam tidur saat puasa adalah menyusun jadwal tidur yang baik. Menyesuaikan pola tidur perlu dilakukan agar tubuh bisa beradaptasi dengan lancar.

Kamu perlu membuat jadwal bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya sehingga membuat tubuh menyesuaikan diri dengan jam tidur yang baru.

Jika kamu masih mengantuk setelah makan sahur, kamu dapat kembali tidur. Tapi, pastikan untuk selalu bangun sahur tepat waktu kemudian beri jeda untuk tubuh mencerna makanan sebelum kembali tidur sekitar 1-2 jam setelah makan sahur.

3. Menciptakan suasana yang nyaman untuk tidur

Tidak hanya durasi lamanya tidur, tapi kualitas tidur menjadi penentu kondisi tubuh selama menjalani puasa. Jika seseorang kurang tidur di malam hari, maka akan menyebabkan kantuk di siang hari dan mengurangi fokus.

Tidur yang cukup berguna untuk menjaga tubuh tetap bugar meski tidak makanan maupun minuman dalam waktu yang cukup lama saat menjalani puasa. Langkah ini bisa dilakukan dengan mematikan lampu atau memakai lampu tidur.

Jauhkan perangkat elektronik atau gadget, tidurlah dalam keadaan yang bersih dan menggunakan pakaian tidur yang pas. Kalau kamu suka dengan wangi aroma terapi, kamu bisa menggunakannya dengan aroma yang menenangkan seperti lavender, agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca Juga: Sebanyak Apa Pria Memikirkan Seks Dalam Sehari? Ini Jawabannya

4. Memperhatikan asupan makanan

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat baik saat sahur maupun berbuka. Pilih makanan bergizi seimbang, seperti kacang-kacanga, sayur, buah, dan daging tanpa lemak.

Pastikan juga kamu mencukupi kebutuhan cairan selama puasa, khususnya dengan meminum air putih. Hindari konsumsi makanan berat, berlemak, terlalu manis, atau pedas. Makanan-makanan ini dapat memicu perut kembung, heartburn, serta sulit tidur.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatur jam tidur saat puasa ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga