Simak 5 Bahan Alami Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 17 Maret 2023
0 dilihat
Simak 5 Bahan Alami Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah
Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pecah-pecah, di antaranya adalah dengan bahan alami. Foto: health.grid.id

" Salah satu masalah bagian kaki yang kerap dialami sebagian orang adalah kaki pecah-pecah. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antara adalah dengan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah bagian kaki yang kerap dialami sebagian orang adalah kaki pecah-pecah. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antara adalah dengan bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang sangat umum dan bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Mulai dari terlalu lama mengenakan sepatu, salah menggunakan sabun, hingga kaki terlalu lama terendam di dalam air, sehingga menyebabkan tumit kehilangan kelembapannya.

Kaki pecah-pecah memang biasanya bukan masalah yang serius, tapi kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat berjalan, bahkan rasa nyeri.

Baca Juga: 3 Manfaat Kesehatan Saat Tidur Tanpa Bantal

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pecah-pecah ini, diantara adalah dengan bahan alami.

Melansir yoursay.id dari sehatq.com, berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah:

1. Madu

Menurut sebuah studi, madu mengandung antibakteri dan antimikroba yang bermanfaat untuk melembabkan kulit serta membantu menyembuhkan kulit kaki pecah-pecah.

Untuk pengaplikasiannya, masukkan 1 gelas madu ke dalam sebuah baskom berisi air. Lalu rendam kaki selama 15-20 menit, kemudian gosok kulit kaki yang pecah-pecah.

2. Minyak zaitun

Oleskan minyak zaitun pada kulit yang pecah-pecah sambil memijat lembut selama 10-15 menit. Setelah itu, bungkus dengan kaus kaki dan biarkan selama satu malam.

Hal itu akan membantu melembabkan kulit serta merangsang sirkulasi darah sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

3. Tepung beras

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah adalah menggunakan tepung beras.

Langkah petama adalah membuat sebuah pasta dari campuran 2-3 sendok tepung beras, beberapa tetes madu, dan sedikit cuka sari apel.

Sebelum mengoleskan bahan tersebut, rendam terlebih dahulu kakimu ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setelah direndam, kalian bisa mengoleskan pasta ini pada kulit kaki yang bermasalah sambil memijatnya dengan lembut.

4. Minyak kelapa

Rendam terlebih dahulu kaki dalam air hangat selama bebarapa menit, setelah itu oleskan minyak kelapa sambil memijatnya secara lembut.

Minyak kelapa bermanfaat untuk melembabkan serta berfungsi sebagai antimikroba dan antiradang. Hal ini akan membantu mengatasi masalah tumit pecah-pecah atau bahkan infeksi.

Baca Juga: Ini Posisi Seks yang Aman untuk Ibu Hamil

5. Masker pisang dan alpukat

Pisang diketahui mampu melembabkan kulit, termasuk kulit kaki yang kering atau pecah-pecah.

Sedangkan, alpukat dapat digunakan untuk mencegah munculnya kulit pecah pada tumit. Hal ini karena berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah ini.

Untuk menggunakan bahan ini, campurkan pisang dan alpukat yang sudah matang, kemudian haluskan dan aduk merata sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada kulit kaki yang pecah-pecah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga