Simak 5 Manfaat Jalin Silaturahmi Saat Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
Simak 5 Manfaat Jalin Silaturahmi Saat Lebaran
Manfaat silaturahmi saat lebaran menjadi hal yang paling banyak dicari saat hari raya. Foto: liputan6.com

" Salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat saat merayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran adalah silaturahmi. Hal ini dilakukan karena juga punya banyak manfaat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat saat merayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran adalah silaturahmi. Hal ini dilakukan karena juga punya banyak manfaat.

Pada umumnya, dikutip dari liputan6.com, silaturahmi menjadi agenda utama yang dijalankan saat lebaran. Dengan mengunjungi sanak saudara, memohon maaf pada teman dan sahabat menjadi kegiatan yang selalu dilakukan saat lebaran.

Momen kembali suci saat lebaran dimanfaatkan umat muslim untuk saling bermaafan dan menyambung kembali tali silaturahmi yang terputus.

Manfaat silaturahmi saat lebaran menjadi hal yang paling banyak dicari saat hari raya. Manfaat silaturahmi saat lebaran tak hanya sekadar menjalin hubungan baik antar manusia, kegiatan ini juga memupuk keimanan seseorang pada Allah SWT.

Baca Juga: Ide Hadiah Lebaran untuk Keluarga Tercinta

Melansir yoursay.id, berikut beberapa manfaat jika menjalin silaturahmi saat hari lebaran:

1. Bisa meningkatkan rasa persaudaraan

Dengan adanya hari raya lebaran idul fitri, merupakan momen yang tepat untuk mengumpulkan seluruh anggota keluarga. Baik keluarga yang dekat maupun diperantauan, biasanya pada saat idul fitri pergi mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besar.

Dengan berkumpul bersama keluarga besar maka akan terjalin rasa persaudaraan yang telah hilang atau renggang untuk merekat kembali. 

2. Terjalinnya keakraban

Momen lebaran tak hanya sebagai momen berkumpul saja, tapi bisa menjadi momen yang pas untuk memupuk rasa keakraban. Seperti saudara atau keluarga jauh yang jarang bertemu dengan kesibukan masing-masing, kali ini pada momen lebaran bisa berbincang tentang banyak hal yang sebelumnya tidak merasa akrab.

3. Memperluas relasi serta kenalan dengan anggota keluarga baru

Pada saat berkumpul keluarga, bisa berkesempatan untuk memperluas relasi. Hal ini karena biasanya ada anggota keluarga baru yang muncul. Seperti saudara jauh yang baru menikah sehingga mulai mengenalkan pasangannya dalam momen lebaran, atau mengenalkan anggota keluarga yang baru lahir. 

Manfaatkan momen ini untuk memperluas relasi. Karena tidak menutup kemungkinan, bisa saja anggota keluarga baru tersebut bisa membantumu dalam hal pekerjaan, pendidikan atau yang lain. Sehingga selain menambah saudara bisa memberikan bantuan pada hidupmu.

4. Momen yang tepat untuk meminta maaf

Setiap orang selama hidup pasti pernah berbuat salah terhadap sesamanya.

Dengan adanya silaturahmi, bisa menjadi momen yang tepat untuk meminta maaf serta memberikan maaf kepada sesama. Sehingga bisa membersihkan diri dari penyakit hati yang sering timbul karena bermasalah dengan orang lain.

Baca Juga: 3 Ide Hampers Murah Meriah dan Berkelas

5. Bisa menurunkan stress

Momen berkumpul saat lebaran, bisa mengurangi rasa stress. Hal ini karena pada saat berkumpulnya antar sesama bisa saling berbagi cerita mengenai hidup.

Manusia tentu tak bisa lepas dari yang namanya masalah, entah masalah dalam pekerjaan, perkuliahan, sekolah dan lain sebagainya bisa saling sharing terhadap sesama sehingga secara tidak langsung bisa menjadi motivasi serta mendapatkan dukungan. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat Telisikers peroleh ketika menjalin silaturahmi saat hari lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga