Sinopsis Incantation, Film Horor Kisah Nyata Bertema Sekte

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 17 Juli 2022
0 dilihat
Sinopsis Incantation, Film Horor Kisah Nyata Bertema Sekte
Incantation merupakan film horor Taiwan yang baru saja meraih gelar film horor terlaris sepanjang masa di negara tersebut. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Film horor merupakan salah satu genre yang banyak diminati oleh para pecinta film "

JAKARTA, TELISIK.ID - Film horor merupakan salah satu genre yang banyak diminati oleh para pecinta film. Salah satu film horor yang tengah diperbincangkan saat ini adalah film Incantation.

Pasalnya, film ini di sebut-sebut akan menjadi film horor terbaik di tahun 2022. Incantation merupakan film horor Taiwan yang bercerita tentang kutukan di sebuah sekte sesat. Selain gangguan supranatural, kelakuan gak wajar para penganut sekte itu juga bikin penonton merasa gak tenang.

Mengutip dari Detik.com, film dengan gaya rekaman found footage (mockumentary). sudah rilis di netflix sejak tanggal 8 Juli 2022. Sedangkan di Taiwan sendiri dirilis pada 18 Maret 2022 dan menjadi film horor Taiwan terlaris.

Incantation dibintangi oleh Tsai Hsuan-yen, Huang Sin-ting, Kao Ying-hsuan dan masih banyak lagi pemeran figuran.

Diketahui, kumpulan dokumentasi video amatir  dalam film ini merupakan kisah nyata. Dengan durasi 111 menit, penonton akan dibuat geli, kaget, dan merinding dengan banyak adegan creepy.

Film inipun dimulai dengan Li Ronan (Tsai Hsuan-yen) sebagai pemeran utama dalam film ini. Ia merasa ada yang aneh pada anaknya yaitu Duo-duo (Huang Sin-ting).

Li Ronan menganggap sang anak dikutuk oleh makhluk lain. Dalam rekaman yang ia buat, ia mencoba membaca tanda-tanda atau keanehan yang dialami bersama sang anak.

Ia juga merasa harus bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan sebelumnya. Penonton dibuat gemas oleh scene yang tidak biasa.

Baca Juga: 7 Keuntungan Jadi Wanita Mandiri, Kamu Termasuk?

Film ini berlatar tempat-tempat yang mengerikan. Di beberapa tempat terasa mistis dengan banyak simbol aneh.

Ada juga anak kecil tanpa telinga yang telah diambil oleh bunda Buddha. Ritual yang dilakukan juga tak kalah menyeramkan, merapalkan mantra-mantra dengan gerakan tangan yang aneh.

Ada satu mantra yang cukup sering disebut dalam film ini 'Hou ho xiu yi si sei wu ma'. Mantra ini diucapkan bersama gerakan tangan, yang khusus digunakan oleh Li Ronan untuk tujuan tertentu. Incantation sendiri memiliki arti 'mantra'.

Latar dalam film ini menceritakan masa lalu dan masa sekarang. Di enam tahun sebelumnya, Ronan bersama dengan kekasih dan teman sekelas jurnalismenya, melakukan ritual terlarang demi kebutuhan konten blog studio mereka.

Kini Ronan dan Dodo masih dihantui kutukan-kutukan itu dan merekamnya sembari mencari solusi. Ia juga berharap para viewers membantu dalam memecahkan teka-teki ini.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 4 Hal Bermanfaat Ini Saat Weekend di Rumah

Sementara itu, tak hanya Incantation, ada film dan serial lainnya yang juga menceritakan tentang sekte mengerikan dan salah satunya ada film Indonesia. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Idntimes.com:

  1. Rumah Dara (2009)
  2. Pintu Terlarang (2009)
  3. Pengabdi Setan (2017)
  4. A Classic Horror Story (2021)
  5. Hereditary (2018)
  6. Midsommar (2019)
  7. Lord of Chaos (2018)
  8. Apostle (2018)
  9. Save Me (2017)
  10. Hellbound (2021). (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga