Stok Kebutuhan Pokok Aman, Harga Beras Mencekik

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 18 Maret 2023
0 dilihat
Stok Kebutuhan Pokok Aman, Harga Beras Mencekik
Wabup Muna, Bachrun Labuta saat melakukan sidak kebutuhan bahan pokok di pasar. Foto: Sunaryo/Telisik

" Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Polres Muna turun langsung melakukan pengecekan stok dan harga di distributor "

MUNA, TELISIK.ID - Menyambut bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mulai memastikan ketersediaan stok kebutuhan pokok di pasaran.

Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Polres Muna turun langsung melakukan pengecekan stok dan harga di distributor, Sabtu (18/3/2022).

"Kondisi ketersediaan bahan pokok aman, hanya ada beberapa harga yang bergerak naik," kata Bachrun.

Baca Juga: Lestarikan Budaya dan Adat Masyarakat Hindu, Kabupaten Kolaka Timur Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Baca Juga: Produk UMKM di Buton Selatan Wajib Dilabel Halal Tahun Depan

Kabag Ekonomi Pemkab Muna, Syairuddin menerangkan, pada prinsipnya stok dan harga kebutuhan bahan pokok relatif stabil. Hanya, beras, telur, gula pasir dan minyak goreng yang harganya mencekik.

Untuk beras premium ukuran 25 Kg harganya antara Rp 320 ribu hingga Rp 340 ribu. Beras medium Bulog pada penjualan di Rumah Pangan Kita (RPK) sebesar Rp 48 ribu ukuran 5 Kg. Minyak kita Rp 19.500 per liter, telur Rp 55 ribu hingga Rp 57 ribu, minyak goreng premium Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribu per liter dan gula pasir Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu per Kg.

Sementara itu, Kepala Cabang Bulog Raha, Ritno memastikan, ketersediaan beras hingga hari raya Idul Fitri aman. Untuk harga di RPK sudah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Ia menegaskan, bila di tingkat RPK ada yang memainkan harga, segera laporkan.

"Kita akan tutup RPK-nya," tegasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga