adplus-dvertising

STQ Tingkat Kabupaten Momentum Pererat Ukhuwah Islamiyah

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Senin, 08 Maret 2021
568 dilihat
STQ Tingkat Kabupaten Momentum Pererat Ukhuwah Islamiyah
Pj. Bupati Konsel Andi Tendri Rawe Silondae saat membuka STQ tingkat Kabupaten tahun 2021. Foto: Ist.

" Selain untuk membina Qari dan Qariah untuk lebih mandiri, STQ juga sebagai sarana evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati, mengamalkan nilai-nilai keagamaan melalui baca tulis Al Qur'an, yang sekaligus petunjuk untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Usai dilantik, Pelaksana jabatan (Pj) Bupati Konawe Selatan (Konsel), Andi Tendri Rawe Silondae langsung membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten tahun 2021 di Auditorium lantai III Kantor Bupati Konsel, Senin (8/3/2021).

Andi Tenri menyampaikan, kegiatan dilaksanakan untuk menjaring Qari dan Qariah terbaik persiapan menghadapi STQ tingkat Provinsi, sekaligus berharap dengan momentum pelaksanaan kegiatan dapat mempererat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan syiar Islam di Konsel.

"Selain untuk membina Qari dan Qariah untuk lebih mandiri, STQ juga sebagai sarana evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati, mengamalkan nilai-nilai keagamaan melalui baca tulis Al Qur'an, yang sekaligus petunjuk untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.


Adapun pelaksanaan STQ tersebut, rencananya akan berlangsung mulai tanggal 8 -11 Maret 2021, dengan empat lokasi kegiatan yakni, di Masjid Raya Andoolo, Aula Dinas PTSP, Aula Kantor Kemenag Konsel dan Aula Auditorium Kantor Bupati.

Baca juga: Ingkar Janji Mau Nikahi Kekasih, Seorang Pria Dihukum Bayar Rp 150 Juta

Sedangkan, untuk cabang lomba yang bakal dipertandingkan dalam STQ dengan tema "membangun generasi Qur'ani yang cerdas, religius, berakhlakul karimah dan berdaya saing menuju masyarakat madani" itu, di antaranya cabang Tilawah, cabang Hifdzil Qur'an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, cabang Tafsir Qur'an, serta cabang Musabaqah Hadits Nabi.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk mendorong seluruh masyarakat Konsel secara swadaya untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Qur'an.

Selain itu, Kepala Bagian Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Makka selaku ketua pelaksana mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

"Untuk dewan hakim berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, unsur MUI, Imam Masjid Al- Alam dan mantan Qari-Qariah terbaik. Digelar dalam rangka persiapan menghadapi STQ tingkat Provinsi Sultra pada awal April mendatang," tambahnya. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga