Sulawesi Tenggara Tuan Rumah Rakornas KPU, PHRI Bangkitkan Okupansi Hotel hingga Restauran

Musdar, telisik indonesia
Jumat, 21 Oktober 2022
0 dilihat
Sulawesi Tenggara Tuan Rumah Rakornas KPU, PHRI Bangkitkan Okupansi Hotel hingga Restauran
Ketua PHRI Sulawesi Tenggara, Ir Hugua (kanan), bersama Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (kiri) dan ratusan peserta Rakornas saat menggelar jalan santai di Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah rapat koordinasi nasional (Rakornas) KPU RI yang digelar sejak 19 Oktober dan berakhir besok, 22 Oktober 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah rapat koordinasi nasional (Rakornas) KPU RI yang digelar sejak 19 Oktober dan berakhir besok, 22 Oktober 2022.

Rakornas tersebut berkaitan dengan pembentukan badan ad hoc penyelenggara pemilu tahun 2024 serta peluncuran Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) dan Sistem Informasi Management Kepegawaian (SIMPEG) KPU.

Rakornas dihadiri sekitar 1.300 orang dari anggota serta jajaran sekretariat KPU 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Baca Juga: Upah Minimum Kota Kendari 2023 Belum Ditetapkan

Banyaknya peserta membuat roda perekonomian masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari menjadi lebih hidup, terlihat dari tingkat hunian hotel dan lainnya.

Berbagai restauran, rumah makan dan usaha katering juga kelimpahan rezeki untuk mengakomodasi kebutuhan peserta rakornas.

Selain itu sektor transportasi juga terimbas multiplier effect imbas banyaknya mobil yang disewa selama Rakornas berlangsung.

"Saya sebagai ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran) Sulawesi Tenggara telah memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi terutama membangkitkan kembali hotel, restauran dan lain-lain dalam masa pandemi COVID-19," ucap Hugua, Jumat (21/10/2022).

Hugua menyampaikan terimakasih kepada KPU karena telah mempercayakan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah Rakornas.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sulawesi Tenggara ini juga memohon maaf, apabila harga hotel maupun trasnportasi di Kendari naik saat pelaksanaan Rakornas. Hugua menyebut, hal itu wajar karena tingginya permintaan kamar.

Baca Juga: Usai Dilantik, Satu Pengurus KAHMI Kubu Ruksamin Mengundurkan Diri

"Karena permintaan tinggi maka teman-teman menaikkan harganya, namun itu masih dalam batas kewajaran," tutup anggota Komisi II DPR RI itu.

Sementara itu Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengapresiasi kerja-kerja tuan rumah, sehingga Rakornas KPU dan seluruh rangkaiannya berjalan baik dan lancar.

Dijelaskan saat ini, SDM KPU sudah sangat siap menghadapi penyelenggaraan pemilu serentak 2024 yang tahapannya sudah sampai pada verifikasi faktual.

"Kondisi penyelenggara juga dalam situasi yang sehat baik jasmani maupun rohani dan karena pemilu serentak bebannya berat, maka kondisi yang tetap sehat bugar akan tetap kita pertahankan," ucapnya. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga