Tahun Ini, Umat Islam Bebas Ibadah dalam Masjid Selama Ramadan

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Rabu, 24 Maret 2021
0 dilihat
Tahun Ini, Umat Islam Bebas Ibadah dalam Masjid Selama Ramadan
Masjid Al Alam Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Hanya saja, antisipasi itu tetap ada, apalagi kegiatan di bulan suci Ramadan diprediksi meningkat. Jadi harus mematuhi aturan protokol kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Ramadhan 2020 masjid ditutup demi mencegah penyebaran COVID-19, namun tahun ini umat Islam sudah bisa menjalankan ibadah dalam masjid selama Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Menurutnya, masyarakat khususnya umat Islam sudah bisa menjalankan ibadah di masjid meski di tengah pandemi saat ini.

"Hanya saja, antisipasi itu tetap ada, apalagi kegiatan di bulan suci Ramadan diprediksi meningkat. Jadi harus mematuhi aturan protokol kesehatan," katanya, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Vaksinasi Lansia di Kendari Masih Rendah

Sulkarnain mengungkapkan, saat ini pandemi belum berakhir, makanya selalu selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya menghindari risiko atau bahaya.

"Kapasitas masjid tidak boleh full, tetap kita minta 50 persen kapasitas masjid untuk digunakan," jelasnya.

Olehnya itu, pihak Pemerintah Kota terus mengimbau kepada masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan selama status pandemi belum dinyatakan selesai.

"Sebagian masjid kita imbau supaya menggunakan dua ruang, dan halaman masjid agar dapat ditata baik, sehingga bisa menampung lebih banyak jamaah dan tidak terjadi kerumunan," tutupnya. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga