Tak Hanya Makanan, Ini Minuman Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Tak Hanya Makanan, Ini Minuman Harus Dihindari Penderita Kolesterol
Salah satu minuman yang dihindari oleh penderita kolesterol adalah Milkshake. Foto: Preppykitchen.com

" Kolesterol tinggi tidak hanya disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, tapi juga berasal dari minuman "

KENDARI, TELISIK.ID - Kolesterol tinggi tidak hanya disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, tapi juga berasal dari minuman.

Seorang yang ingin menjaga kadar kolesterol perlu menghindari beberapa minuman yang tinggi lemak, seperti dilansir dari Kompas.com:

- Kopi yang ditambahi dengan susu kental manis atau krimer, whipped cream, dan krim kocok

- Teh yang diberi krimer dan whipped cream

Baca Juga: Manfaat Telur Rebus dan Waktu Merebus Terbaik

- Minuman sari kelapa kemasan

- Minuman bersantan atau yang mengandung minyak kelapa

- Frappe atau minuman berbahan dasar es krim

- Susu tinggi lemak atau full cream.

Selain minuman berlemak, penderita kolesterol sebaiknya juga membatasi minuman berikut:

- Minum terlalu banyak alkohol

Mengutip Kontan.co.id, .inum sesekali untuk merayakan acara khusus mungkin tidak menggagalkan tujuan kesehatan, tetapi terlalu banyak alkohol dapat membuat kolesterol melonjak.

"Minum alkohol lebih dari jumlah moderat per hari dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol," ungkap ahli diet terdaftar, Becky Kerkenbush.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol menemukan, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, baik sesekali maupun sering, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

"Alkohol mengandung tujuh kalori per gram, yang mendekati sembilan kalori per gram yang disediakan oleh lemak." tambahnya.

- Minuman soft drink

Menurut studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, ditemukan juga bahwa orang-orang dengan kolesterol tinggi paling banyak yang mengonsumsi minuman manis

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Bantu Proses Self Healing

Minuman manis adalah salah satu minuman penyumbang kolesterol tinggi," kata ahli diet terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best.

- Milshake

Milkshake juga menjadi salah satu minuman yang dapat membawa kadar kolesterol ke wilayah yang berbahaya. Jika sering dikonsumsi, milkshake dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL atau kolesterol.

"Karena kandungan lemak milkshake yang tinggi, lebih baik menyimpan ini untuk acara khusus, dan beralih ke smoothie untuk minuman manis yang dingin," imbuh ahli diet, Angela Houlie. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga