Tak Hanya Pria, Wanita Juga Bisa Mimpi Basah Loh, Ini Cirinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 22 April 2022
0 dilihat
Tak Hanya Pria, Wanita Juga Bisa Mimpi Basah Loh, Ini Cirinya
Ini tanda wanita yang alami mimpi basah saat tidur. Foto: Repro detik.com

" Seperti yang kita ketahui, mimpi basah merupakan kejadian di mana seseorang mengeluarkan air mani (cairan) saat sedang tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita ketahui, mimpi basah merupakan kejadian di mana seseorang mengeluarkan air mani (cairan) saat sedang tidur.

Dan kebanyakan mimpi basah biasanya sering terjadi atau dialami oleh laki-laki saat pubertas. Namun, rupanya 85 persen wanita juga sering mengalami hal yang sama loh.

Mengutip dari kompas.com dan Buku Diskusi Seksologi Modern karya dr Zamzani Sutriyanto, mimpi basah terjadi ketika seseorag mengalami tidur gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM).

REM bisa dipahami sebagai tahap tidur yang dalam dan terjadi mimpi, kemudian laju respirasi dan aktivitas otak meningkat, serta otot-otot menjadi lebih rileks. Seperti namanya, REM ditandai dengan erakan bola mata yang cepat.

Menurut dr Zamzani, wanita juga bisa mengalami mimpi erotis dalam tidurnya. Tapi memang hanya sedikit perempuan yang dapat mengingat kejadian itu dan bahkan ada yang lupa sama sekali.

Baca Juga: Deretan Artis Berhijab Vakum dari Dunia Hiburan Karena Beragam Alasan

Hal itulah yang akhirnya membuat banyak orang menganggap wanita tidak mengalami emisi nokturnal seperti pria.

dr Zamzani memastikan mimpi basah yang dialami seorang wanita adalah sesuatu yang normal.

Menurut dia, seorang wanita yang mimpi basah bukan berarti mengalami hilangnya minat dan respons seksual (frigiditas) atau gairah seksual berlebih (nymphomania).

Selain itu juga , menurut dr Heru H Oentoeng, M.Repro, SpAnd, mimpi erotis pada wanita tidak bisa disebut mimpi basah lantaran saat wanita mengalami orgasme, wanita tidak akan mengalami ejakulasi seperti pria.

Saat pria mengalami mimpi erotis, maka akan ada cairan ejakulasi yang menimbulkan sensasi 'basah'. Sedangkan pada wanita, jika terdapat cairan, maka cairan itu bukan merupakan ejakulasi dan tidak sebanyak milik pria.

"Wanita itu tidak mengalami mimpi basah, tapi mungkin lebih disebut mimpi erotis," katanya seperti dilansir dari detik.com.

Baca Juga: 5 Kota di Indonesia Gudangnya Wanita Cantik, Cocok Buat Cari Jodoh

Selanjutnya ia mengatakan, ketika wanita mimpi erotis, wanita tidak akan mengeluarkan cairan. Kalau pun misalnya ada cairan, itu bukan ejakulasi. Cairan wanita itu juga tidak sebanyak cairan pria, jadi tidak akan mungkin bisa membasahi atau tumpah sampai ke seprainya.

"Kecuali misalnya wanita itu mimpi erotis plus mengompol. Baru kan itu basah, tetapi itu tidak ada hubungannya," tambahnya. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga