adplus-dvertising

Tak Hanya Suami, Istri Juga Bisa Pakai Kondom Loh, Ini Kelebihan dan Cara Pakainya

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
3658 dilihat
Tak Hanya Suami, Istri Juga Bisa Pakai Kondom Loh, Ini Kelebihan dan Cara Pakainya
Ilustrasi kondom. Foto: Repro Suara.com

" Bentuk kondom ini menyerupai kantong yang lembut dan longgar dengan cincin di setiap ujungnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang biasanya digunakan oleh pasangan suami istri untuk mencegah kehamilan serta melindungi tubuh dari penyakit seksual.

Alat ini paling sering diidentikkan dengan pria. Namun siapa sangka, dewasa ini telah dibuat pula kondom internal atau kondom untuk dipakai wanita.

Melansir Tempo.co, bentuk kondom ini menyerupai kantong yang lembut dan longgar dengan cincin di setiap ujungnya. Bahannya terbuat dari nitrile yang aman digunakan bagi yang memiliki kulit sensitif.


Kondom perempuan lebih sulit didapatkan di pasaran dibandingkan dengan kondom lelaki. Begitu pula dari segi harga, kondom internal ini cenderung lebih mahal.

Sementara itu, efektivitas kondom perempuan lebih rendah. Artinya, 5 dari 10 wanita pemakai kondom memiliki risiko hamil. Salah satu faktornya disebabkan oleh penggunaan kondom yang kurang sempurna.

Meski demikian, kelebihan dari kondom wanita ini antara lain dapat digunakan saat menstruasi, dapat digunakan selama 8 jam di dalam miss V, tidak memengaruhi hormon, aman dan simpel.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dikutip dari Alodokter.com, cara pemakaian kondom internal, yang pertama adalah membuka kemasan dengan hati-hati agar kondom tak robek.

Kedua, keluarkan kondom, lalu jepit lingkaran pada ujung kondom yang tertutup dengan jari tengah dan ibu jari.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui

Selanjutnya, masukkan kondom ke dalam miss V. Gunakan jari telunjuk untuk memisahkan bibir miss V lalu tekan kondom sedalam mungkin hingga menyentuh leher rahim.

Kemudian, pastikan lingkaran di bagian ujung kondom yang terbuka tetap berada di luar serta menutupi area sekitar bukaan miss V.

Setelah selesai berhubungan seks, segera lepas kondom dengan cara menarik kondom keluar dari miss V secara perlahan dan putar lingkaran terluar agar sperma tidak tumpah.

Terakhir, buang kondom yang sudah digunakan ke dalam tempat sampah, bukan di toilet. (C)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga