Tanggul Pulau Masaloka Rusak, Pemukiman Warga Terancam

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 25 Januari 2023
0 dilihat
Tanggul Pulau Masaloka Rusak, Pemukiman Warga Terancam
Tanggul penahan ombak di Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya rusak, mengancam rumah warga di musim ombak dan air pasang. Foto: Ist.

" Kerusakan tanggul tersebut telah beberapa kali dibahas dan diusulkan dalam musrembang baik tingkat desa maupun kecamatan, bahkan hingga tingkat kabupaten "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tanggul penahan ombak di Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya kian memprihatinkan. Saat musim ombak, rumah-rumah warga terancam dihantam ombak, khususnya di Desa Masaloka Selatan.

Kepala Desa Masaloka Selatan, Masfiah saat dikonfirmasi menerangkan, kerusakan tanggul tersebut telah beberapa kali dibahas dan diusulkan dalam musrembang baik tingkat desa maupun kecamatan, bahkan hingga tingkat kabupaten.

"Kejadiannya terakhir yaitu malam tanggal 25 Desember saat terjadi angin kencang dan gelombang pasang, warga was-was. Ini sudah tiga tahun musrenbang kecamatan sampai musrembang kabupaten belum ada realisasi," ujarnya kepada Telisik.id, Rabu p(25/1/2023).

Usaha dan perjuangan dinilainya sudah cukup maksimal. Pada saat kunjungan Pj Bupati Bombana beberapa waktu lalu, tanggul itu juga diusulkan untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga: Jalan Tanggul di Bataraguru Baubau Retak dan Rawan Amblas

"Saya sudah cukup berusaha. Nah waktu kunjungan pak PJ kemarin di Masaloka juga diusulkan dan beliau juga bilang siap nanti dibikinkan proposalnya diusulkan ke balai. Jadi kami selaku pemerintah desa Masaloka Selatan meminta perhatian pemerintah daerah untuk segera menindaklanjuti permintaan kami agar direalisasikan karena ini kalau dibiarkan akan mengancam pemukiman warga, bahkan nyawa," lanjutnya.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Camat Kepulauan Masaloka Raya, Haeruddin saat dikonfirmasi via telepon. Ia juga berharap tanggul tersebut dapat perhatian guna mencegah terjadi bencana.

Baca Juga: Cegah Banjir, Pemkot Bangun Tanggul Penahan Banjir

"Beberapa kali juga kami bahas dalam  rapat dan diusulkan. Berharap agar bisa berfungsi sebagaimana diharapkan demi keselamatan masyarakat, khususnya di Desa Masaloka Selatan," ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Sahrun, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bombana menegaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan di Balai Wilayah Sungai (BWS).

"Sudah kita usulkan kemarin di BWS dan  RAB-nya juga sudah ada untuk diusulkan ke KSDA dan Binamarga," singkatnya. (A)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga