Tarian Khas Tolaki Awali Pembukaan Economic Festival Expo UHO

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
Tarian Khas Tolaki Awali Pembukaan Economic Festival Expo UHO
Tarian Monotambe saat ditampilkan dalam acara pembukaan Economic Festival Expo UHO 2022. Foto: Wa Ode Sunaimi Rahman/Telisik

" Tarian Monotambe merupakan tari yang berasal dari suku Tolaki. Dalam kegiatan pembukaan Economic Festival Expo Universitas Halu Oleo (UHO) 2022 kali ini, tarian tersebut dipentaskan sendiri oleh lima mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis "

KENDARI, TELISIK.ID - Tarian Monotambe merupakan tari yang berasal dari suku Tolaki. Dalam kegiatan pembukaan Economic Festival Expo Universitas Halu Oleo (UHO) 2022 kali ini, tarian tersebut dipentaskan sendiri oleh lima mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dikutip dari wikipedia, tari Mondotambe atau disebut tari penjemputan, merupakan tari untuk menjemput para tamu yang merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para tamu dan juga sebagai tanda rasa kesyukuran kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tarian tersebut berlangsung di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO dan disaksikan langsung oleh seluruh peserta yang hadir, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Keuntungan Budidaya Ikan Koi Capai Puluhan Juta Rupiah

Baca Juga: Hotel Kubah 9 Adukan Penutupan Jalan oleh Swalayan Megros ke DPRD Kendari

Penari beranggotakan lima orang tersebut mewarnai area pentas dengan beragam hiasan dan aksesoris lain yang ada di kepala, serta mengenakan busana bermotif yang menarik perhatian penonton.

Selah satu penari mahasiswa Jurusan Akuntasi, Putri Ika mengatakan latihan pemantapan tim penari hanya berlangsung selama beberapa hari.

"Latihannya hanya beberapa hari karena sudah tau tariannya jadi tinggal pemantapan saja," tutur Putri.

Sementara salah satu mahasiswa UHO, Musdia menyampaikan, tanggapan positif dengan penampilan tarian Monotambe tersebut.

"Dengan ini bisa meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kelestarian budaya, salah satunya dengan pertunjukan seperti ini," tuturnya. (A)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga