adplus-dvertising

Tarif Angkot Kendari Naik, Segini Harganya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 22 September 2022
619 dilihat
Tarif Angkot Kendari Naik, Segini Harganya
Tarif Angkot di Kendari resmi dinaikan hari ini, Kamis (22/9/2022) oleh Wali Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik.

" Kenaikan harga BBM di seluruh tanah air, rupanya berdampak pada hampir semua sektor salah satunya yaitu tarif transportasi angkutan umum atau Angkot di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kenaikan harga BBM di seluruh tanah air, rupanya berdampak pada hampir semua sektor salah satunya yaitu tarif transportasi angkutan umum atau Angkot di Kota Kendari.

Kenaikan tarif Angkot rupanya telah menjadi pembahasan pemerintah setempat. Tarif resmi dinaikkan dengan menyesuaikan peraturan pemerintah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Abdul Manas menjelaskan, angkutan umum akan merespon kenaikan harga BBM dengan penyesuaian harga. Hal ini telah dilakukan sejak Senin lalu.


"Senin lalu kami sudah mengadakan kajian-kajian BOK (Biaya Operasional Kendaraan) perhari, kami juga mengadakan pertemuan dengan pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan perwakilan sopir Angkot juga mengadakan survei harga," tuturnya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Awas, Tilang Elektronik di Kota Kendari Berlaku Hari ini

Menurutnya, hasil hitungan terkait tarif angkutan di Kota Kendari telah ditetapkan dan dilaporkan ke wali kota untuk mendapatkan persetujuan dan diterbitkan dalam bentuk SK penyesuaian tarif angkutan umum.

“SK resmi dari Wali Kota Kendari sudah kami terima hari ini,” ungkapnya.

Ia juga berharap, ke depannya masyarakat bisa menerima dengan baik kenaikan tarif angkutan umum. Serta penyesuaian tarif tersebut disesuaikan dengan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Perikanan, Bappeda dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tenggara Lakukan RAD PAAP 2022

"Tarif yang disepakati umum Rp 6 ribu dari sebelumnya Rp 4 ribu sedangkan pelajar/mahasiswa yang sebelumnya Rp 3 ribu naik menjadi Rp 4 ribu," terangnya.

Seorang warga yang sering menggunakan angkutan umum, Karsilawati mengatakan, jika tarif angkutan bagi warga umum sebesar Rp 7 ribu. Ia merasa kesulitan, ia tak tahu menahu jika tarif yang ditetapkan Pemkot sebesar Rp 6 ribu.

"Tarif yang saya liat di angkutan umum itu sebesar Rp 7 ribu dan itu termasuk mahal," katanya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga