Tenaga Kerja Perusahaan di Bombana Tes Urin, Ini Hasilnya

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Tenaga Kerja Perusahaan di Bombana Tes Urin, Ini Hasilnya
Karyawan PT BMR saat mengikuti tes urin untuk memastikan bersih dari narkoba. Foto: Ist.

" Guna memastikan tidak terkontaminasi dengan obat-obat terlarang seperti narkotika bagi tenaga kerja, PT Bukit Makmur Resources (BMR) melakukan tes urin terhadap karyawan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Guna memastikan tidak terkontaminasi dengan obat-obat terlarang seperti narkotika bagi tenaga kerja, PT Bukit Makmur Resources (BMR) melakukan tes urin terhadap karyawan.

Manager HSE PT BMR, Darwis mengatakan, tes urin ini dilakukan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis, 8-9 Februari 2023 sebagai upaya menjamin keselamatan kerja.

"Kemarin (Rabu), sebanyak 31 orang karyawan operator dan karyawan HSE yang ikut tes urin, Hari ini (Kamis) sebanyak 18 orang. Hasilnya negatif semua," ucap Darwis, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga: Pemberhentian Perangkat Desa di Bombana Dipantau DPRD

Tes narkoba yang dilakukan secara acak pada karyawan yang bekerja di operasional PT BMR, dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal penanggulangan bahaya narkoba sesuai dengan Permenaker No 11 Tahun 2005 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya di Tempat Kerja.

Ia berharap agar setiap pekerja yang berada di operasionalnya bebas dari pengaruh narkoba, sehingga dapat berkontribusi maksimal dan dapat menekan angka kecelakaan kerja yang bisa diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Polisi Ungkap Penjualan Ribuan Solar Subsidi di Lokasi Pertambangan di Bombana

Program pencegahan peredaran narkoba di lingkup perusahan yang menyasar karyawan-karyawan ini mendapat tanggapan positif, baik dari pihak kepolisian maupun dari pemerintah daerah.

Seperti dikatakan oleh Kasat Narkoba Polres Bombana, AKP Silfanus Solo, dengan maraknya perusahaan pertambangan peredaran narkoba sangat rentan.

"Kegiatan tes urin dan program pencegahan narkoba yang dilakukan oleh perusahan secara mandiri perlu diapresiasi sebagai langkah yang tepat untuk memastikan karyawan bersih dari narkoba, karena saat ini tidak bisa dinafikan bahwa peredaran narkotika sangat rentan menyasar lingkungan pertambangan," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga