Tensi Politik Pilkada Lebih Tinggi Dibanding Pileg, PPS Muna Barat Wajib Tunjukkan Kinerja Terbaik

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 26 Mei 2024
0 dilihat
Tensi Politik Pilkada Lebih Tinggi Dibanding Pileg, PPS Muna Barat Wajib Tunjukkan Kinerja Terbaik
Pelantikan 258 PPS Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tensi politik pilkada diprediksi akan lebih tinggi dari tensi politik saat pemilu, maka PPS harus menunjukkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - 258 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah dilantik, diminta bekerja sesuai regulasi untuk menyukseskan pilkada di Muna Barat tahun 2024.

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengimbau agar seluruh PPS yang telah dilantik, untuk tetap menjalin koordinasi dengan penyelenggara lainnya seperti PPK, serta anggota PPS tidak mengambil langkah dan keputusan sendiri.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan terkait pakta integritas, maka seluruh PPS harus menjalankan sesuai regulasi, penuh tanggung jawab selama menjalankan tugas. Pasalnya pakta integritas sebagai bentuk komitmen yang berkaitan dengan loyalitas, integritas, dan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

"Jangan kecewakan kami, pegang teguh asas penyelenggara, sukses dalam menyelenggarakan pilkada,“ ujarnya, Minggu (26/5/2024).

Baca Juga: Calon Anggota PPS KPU Buton Selatan Banyak Gugur pada Pemahaman Kepemiluan

Selanjutnya, ia mengingatkan terkait beban kerja pilkada memang lebih ringan dari beban kerja saat pemilu, namun tensi politik pilkada diprediksi akan lebih tinggi dari tensi politik saat pemilu kemarin, maka harus menunjukkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara.

Sebelumnya, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Muna Barat, Faisyal mengatakan bahwa 258 PPS ini telah melaksanakan tes tertulis melalui sistem CAT dan tes wawancara.

Baca Juga: Sebanyak 336 Pendaftar PPS di Buton Selatan Bakal Ikut Tes Wawancara

"Tes tertulis diikuti oleh 560, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 258," ujarnya.

Dari 258 itu terdiri dari 3 anggota tiap desa dan kelurahan, sehingga dengan total 81 desa dan 5 kelurahan yang ada di Muna Barat menghasilkan 258 anggota PPS.

Untuk diketahui, PPS yang telah dilantik  langsung mengikuti bimbingan teknis yang dilaksanakan di Hotel RH, SP2, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga