Tips Atur THR Agar Tidak Kehabisan Uang Setelah Hari Raya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 15 April 2023
0 dilihat
Tips Atur THR Agar Tidak Kehabisan Uang Setelah Hari Raya
Tunjangan Hari Raya (THR) tak jarang membuat kita kalap berbelanja dan menjadi boros, perlu tips untuk mengaturnya. Foto: Repro Metrojambi.com

" Membelanjakan uang THR yang tidak bijak, bisa membuat uang THR Anda cepat terkuras "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyambut hari raya Idul Fitri, masyarakat biasanya lebih konsumtif dan membeli banyak kebutuhan, dari mulai makanan, kue kering hingga baju lebaran.

Semua kebutuhan tersebut biasanya dibiayai dari tunjangan hari raya (THR) yang jadi hak bagi semua buruh dan pekerja. Membelanjakan uang THR yang tidak bijak, bisa membuat uang THR Anda cepat terkuras.

Dilansir dari Tempo.co, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Akhmad Akbar Susamto, menyampaikan, setiap orang dapat berhemat dengan mengelola keuangan. Dia mengatakan perlu diatur skala prioritas untuk mengelola uang tunjangan hari raya.

“Mulailah dengan membuat anggaran dan prioritas untuk pengeluaran Idul Fitri termasuk zakat, sedekah, hadiah, pakaian, makanan dan aktivitas lainnya. Ini akan membantu menghindari pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan tetap terkendali,” kata Akbar dilansir dari laman UGM.

Ia menyarankan untuk memilih dan membandingkan harga yang terbaik.

Baca Juga: Honorer di Kendari Bakal Terima THR Lebaran

“Bandingkan harganya, cari obral dan diskon jika memungkinkan,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan, saat belanja lebaran, sebaiknya difokuskan pada hal-hal fungsional saja. Sementara itu, untuk kebutuhan lain yang bersifat tidak fungsional sebaiknya dihindari.

Apabila memiliki kelebihan uang, ia menyarankan untuk digunakan membantu masyarakat yang membutuhkan atau bersedekah.

"Tidak sedikit di sekitar lingkungan tempat tinggal kita pendapatannya menurun karena dampak pandemi atau menjadi korban PHK. Jika ada kelebihan uang, sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan,” tuturnya.

Namun, yang tidak kalah lebih penting dalam kondisi sekarang ini, kata dia, adalah menjaga dan mengedepankan kesederhanaan dan fokus pada semangat Idul Fitri yang sebenarnya, yaitu silaturahmi.

"Serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk saling maaf memaafkan," ujarnya.

Dikutip dari Finance.detik.com, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho mengungkapkan, dana untuk kebutuhan-kebutuhan selama dan setelah lebaran ini harus segera disisihkan dan diamankan dari sekarang dan jangan diutak-atik lagi.

Baca Juga: Ini Alasan Honorer Tak Dapat THR Lebaran 2023

"Kalau perlu pisahkan dari rekening yang kita gunakan untuk belanja kebutuhan lebaran. Selain itu juga jangan lupa untuk tetap menabung dan berinvestasi yang kita sisihkan dari sekarang juga, paling tidak besarannya adalah 10 persen dari uang gaji ditambah THR yang kita terima," ujarnya.

sebaiknya memiliki catatan pos belanja untuk sebelum dan setelah lebaran. Kemudian harus diatur juga budgeting untuk kebutuhan seperti sedekah, kebutuhan pokok sampai investasi. Kemudian saat memiliki uang, jangan pernah menggunakan emosi saat berbelanja.

"Jadi harus disiplin dengan uang sendiri, berapa yang harus dan sudah dikeluarkan, dicatat dulu semuanya," ujar dia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga