Tips Sukses Mulai Bisnis Minuman Kekinian

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Tips Sukses Mulai Bisnis Minuman Kekinian
Selain banyak dikonsumsi untuk melepaskan dahaga, minuman kekinian banyak dicari karena memiliki tampilan atau cita rasa yang unik. Foto: Repro Diadona.id

" Inovasi memang merupakan hal penting dalam memulai bisnis berkualitas. Namun jangan sampai lupa bahwa pemilihan bahan baku juga hal utama "

KENDARI, TELISIK.ID - Bisnis minuman masih digemari saat ini. Selain karena menggiurkan, usaha ini juga mudah untuk dilakukan. Jika Anda tertarik memulai bisnis minuman kekinian, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Namun sebelum memulainya, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini tips mudah memulai bisnis minuman kekinian seperti dikutip dari Kompas.com dan cimbniaga.co.id:

1. Gunakan bahan-bahan berkualitas

Inovasi memang merupakan hal penting dalam memulai bisnis berkualitas. Namun jangan sampai lupa bahwa pemilihan bahan baku juga hal utama. Bahan baku yang baik akan berdampak pada kualitas produk minuman yang Anda hasilkan.

Karena itu penting bagi Anda yang menjalankan bisnis minuman kekinian untuk melakukan riset terlebih dahulu. Semisal saat hendak memulai bisnis minuman kopi, perhatikan jenis-jenis kopi yang Anda pilih, pilih yang berkualitas dan sesuaikan dengan ketersediaan bujet yang Anda punya.

Baca Juga: Pedagang Minuman Dingin Ini Raup Untung Ratusan Ribu per Hari

Lalu cocokkan dengan kombinasinya seperti susu. Cek jenis susu apa yang paling sesuai sebagai bahan campuran kopi Anda. Begitu juga dengan teh. Pilih bahan dasar berkualitas untuk tambahan topping.

2. Produk pelengkap

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memulai bisnis minuman kekinian adalah kamu bisa membuat produk komplementer. Produk komplementer merupakan produk yang melengkapi produk lainnya.

Buatlah produk yang bisa melengkapi bisnis minuman kekinian misalnya seperti membuat makanan ringan yang bisa dibawa seperti roti lapis atau biskuit.

3. Pentingnya keberadaan komunitas

Selanjutnya kesalahan umum pebisnis minuman kekinian adalah terlalu fokus pada tren dan tak melihat peluang lain seperti memperhatikan komunitas tertentu. Sekarang ini, bisnis tidak hanya persaingan, tetapi juga engagement dan kolaborasi. Ajaklah komunitas untuk ikut serta dalam mengembangkan bisnis minuman kekinianmu.

4. Inovasi dan variasi

Saat menjalankan bisnis minuman kekinian, Anda harus berani berinovasi dengan menyajikan variasi-variasi pilihan pada menu minuman Anda. Lihat apa yang menjadi keunggulan pada produk minuman kekinian Anda. Bisnis minuman kekinian memiliki pelaku usaha yang tidak sedikit.

Karena itu akan sulit bagi Anda untuk bertahan bila tidak memiliki inovasi. Meski sama-sama terjun di jenis produk yang sama, seperti bubble tea, namun produk yang Anda jual sebaiknya ditambahkan kombinasi yang memang hasil resep Anda sendiri.

Baca Juga: Penjual Minuman Bersoda Musiman Bertaburan di Jalan Dr Sam Ratulangi Kendari, Ada yang 11 Tahun Berjualan

5. Kemasan harus menarik

Banyak produk bisnis minuman kekinian yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Namun tidak semuanya bisa bertahan digemari masyarakat. Selain dari kualitas rasa, hal lain yang menarik minat konsumen adalah kemasan. Minuman yang dikemas secara rapi dan baik tentu akan lebih dipilih ketimbang minuman yang hanya dikemas seadanya. Bukan cuma itu saja, kemasan juga akan mempengaruhi nilai branding produk Anda di masyarakat.

6. Konsisten

Walaupun bisnis minuman kekinian lebih mengarah bisnis momentum, tetapi jangan terlalu mengikuti tren. Konsisten menjadi hal utama saat berbisnis minuman kekinian. Apabila kamu berinovasi dan mempertahankan produk sebelumnya, bisnis minuman kekinian yang biasanya bertahan sebentar bisa bertahan lama. Sehingga, penting untuk melakukan konsisten tetapi tetap adaptif dengan perkembangan tren. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga