Tudingan Plagiarisme Prof Zamrun Tak Terbukti, Pilrek UHO Kembali Dilanjutkan

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Selasa, 11 Mei 2021
0 dilihat
Tudingan Plagiarisme Prof Zamrun Tak Terbukti, Pilrek UHO Kembali Dilanjutkan
Ketua Senat UHO, Prof Takdir Saili, saat melakukan konferensi pers. Foto: Eni/Telisik

" Penyampaian visi misi oleh para bakal calon rektor ini, akan dilakukan pada pekan depan, Selasa (18/5/2021) "

KENDARI, TELISIK.ID – Dengan tidak terbuktinya tudingan plagiarisme terhadap Prof Muhammad Zamrun Firihu, Dirjen Dikti Kembali lakukan tahapan pemilihan rektor (Pilrek) UHO periode 2021–2025.

Ketua Senat UHO, Prof Takdir Saili mengatakan, tahapan Pilrek UHO akan kembali dilanjutkan pada Selasa, (18/5/2021) dengan penyampaian visi misi dari para bakal calon (Balon) rektor.

“Penyampaian visi misi oleh para bakal calon rektor ini, akan dilakukan pada pekan depan, Selasa (18/5/2021),” katanya dalam konferensi pers, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Boleh Digelar, Ini 29 Titik Pelaksanakan Salat Idul Fitri di Kolaka

Takdiri Saili menjelaskan, hal tersebut dilakukan berdasarkan surat  keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) bernomor 0301/E.E4/KP.07.00/2021 tanggal 10 Mei 2021, tentang Penegasan dan Arahan Pemilihan Rektor UHO periode 2021-2025.

"Prof Muhammad Zamrun Firihu tidak ditemukan melakukan tindak plagiasi, sehingga Senat UHO dapat kembali melanjutkan tahapan penyaringan," jelasnya.

Ia juga menambahkan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah membentuk tim review independen untuk melakukan klarifikasi, pengkajian mendalam, serta mendengarkan penjelasan dari para pihak

Baca Juga: Tambah Libur Lebaran, TPP ASN Kota Kendari Bisa Dipotong

"Dan berdasarkan pendalaman tersebut, disimpulkan tidak ditemukan tindak plagiat sebagaimana yang dimaksud dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi,” ujar Dirjen Dikti, Nizam, sebagaimana dilansir dalam surat keputusan tersebut.

Dalam surat, terungkap adanya penambahan satu orang balon rektor, sehingga total balon rektor yang akan mengikuti tahapan penyampaian visi misi berjumlah delapan orang. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga