Tunjang Pelayanan Kesehatan RSUD Kolaka Timur Resmikan Ruangan PICU dan NICU

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 02 September 2023
0 dilihat
Tunjang Pelayanan Kesehatan RSUD Kolaka Timur Resmikan Ruangan PICU dan NICU
Plt Bupati Kolaka Timur saat meresmikan ruangan PICU dan NICU RSUD Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur, meresmikan gedung Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) guna menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur, meresmikan gedung Pediatric Intensive Care Unit (PICU) dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) guna menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyebut, jika dalam era Universal Health Coverage (UHC) jaminan kesehatan telah mencakup hampir semua masyarakat, khususnya di Kolaka Timur.

Ia mengatakan, salah satu yang perlu diwujudkan adalah tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai bagi seluruh pesertanya, baik itu fasyankes di tingkat pertama maupun di tingkat lanjutan atau rujukan.

Azis menjelaskan, sebagai satu-satunya fasyankes rujukan di Kolaka Timur, RSUD telah melengkapi diri dengan berbagai fasilitas, termasuk di antaranya fasilitas rawat intensif yaitu PICU yang ditujukan untuk rawat intensif pasien umur 1 bulan hingga 17 tahun, dan NICU untuk rawat intensif pasien usia di bawah 1 bulan.

Baca Juga: Polri Lestarikan Negeri, Polres Kolaka Timur Penghijauan Sejak Dini

"Ruang rawat intensif sangat dibutuhkan untuk merawat pasien-pasien dengan kondisi penyakit berat dan membutuhkan perhatian serius dan intens dari tenaga medis," jelasnya.

Selain itu, kata Azis saat ini fasyankes di  dorong untuk dapat bertransformasi menjadi sebuah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di mana nanti pola pengelolaan keuangannya akan bersifat khusus dengan tujuan untuk memudahkan operasional fasyankes, baik puskesmas maupun rumah sakit.

Azis membeberkan, tujuan bertransformasi agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik, karena salah satu syarat administratif adalah pimpinan fasyankes diharuskan membuat pernyataan kesanggupan meningkatkan mutu pelayanan.

“Saya meminta kepada seluruh tenaga kesehatan khususnya di RSUD Kolaka Timur ini, untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, ramah terhadap pasien dan tidak membeda-bedakan, kode etik terus dijunjung dan dilaksanakan," jelas Azis.

Baca Juga: Dua ASN di Kolaka Timur Masuk Daftar DCS Anggota DPRD

Direktur RSUD Kolaka Timur, dr Abdul Munir Abubakar mengatakan, ruang PICU dan NICU sebutnya, dibangun dengan struktur bangunan yang terstandarisasi dan telah memiliki peralatan medis yang cukup meskipun belum optimal sepenuhnya.

Ia berharap ke depan pihaknya pengelola dapat memenuhi peralatan-peralatan medis untuk menunjang pelayanan kesehatan yang prima.

Sebagai informasi, lanjut dr Abdul Munir Abubakar tahun 2024 nanti, RSUD Kolaka Timur termasuk salah satu dari beberapa rumah sakit di Sulawesi Tenggara yang ditunjuk melaksanakan layanan prioritas Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan strata madya.

"Saat ini memang masih membutuhkan beberapa sarana supaya dapat memenuhi standar rumah sakit tipe D sesuai peraturan menteri kesehatan," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga