Mampu Kendalikan Gangguan Kamtibmas, Polsek Katobu Dijadikan Role Model

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 08 Februari 2022
0 dilihat
Mampu Kendalikan Gangguan Kamtibmas, Polsek Katobu Dijadikan Role Model
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin didampingi Kapolsek Katobu, LM Arwan dalam kunjungannya ke wilayah Polsek Katobu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Polsek Katobu di bawah kepemimpinan Iptu LM Arwan mampu meredam gejolak di tengah-tengah masyarakat yang muaranya bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas "

MUNA, TELISIK.ID - Wilayah hukum Polsek Katobu, Polres Muna, mencakup empat kecamatan meliputi Katobu, Batalaiworu, Duruka dan Loghia.

Dengan cakupan luasan wilayah dengan jumlah penduduk yang besar itu, tingkat kerawanan yang dapat menimbulkan gangguan keamanan pun sangat tinggi.

Namun, Polsek Katobu di bawah kepemimpinan Iptu LM Arwan mampu meredam gejolak di tengah-tengah masyarakat yang muaranya bisa menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengaku bangga dengan apa yang dilakukan Kapolsek bersama anggotanya yang telah menjalin koordinasi yang baik bersama pemerintah, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk mencipatkan kedamaian dan ketenteraman di tengah-tengah masyarakat.

"Polsek Katobu ini kita jadikan role mode (teladan) bagi Polsek-Polsek lain, karena di tengah keterbatasan personel, mampu ciptakan kondusifitas," kata Mulkaifin, Selasa (8/2/2022).

Menurut mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sultra itu, menjadi Kapolsek itu tantangan dan dinamikanya sangat besar. Karenanya, dibutuhkan pola manajerial untuk mengelola potensi-potensi kerawanan yang sewaktu-waktu bisa timbul.

"Saya bangga dengan Kapolsek Katobu yang mampu mengelola situasi Kamtibmas dengan cara komunikasi dan koordinasi semua unsur melalui pendekatan kearifan lokal. Hal itu bisa menjadi contoh Polsek lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Soal Pembatalan Proyek PLTD di Busel, Dewan Bakal Panggil UKPBJ dan PLN

Belum lagi, Kapolsek Katobu bersama pihak-pihak terkait membangun masjid. Tidak semua orang bisa melakukan itu.

Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan menerangkan, karakter masyarakat di empat kecamatan di wilayahnya tempramen dan emosional. Dalam menyelesaikan masalah, selalu setelah mengkonsumsi minuman keras (Miras), sehingga menimbulkan gangguan Kamtibmas. Namun, ia bisa mengatasinya melalui pendekatan emosional. Terbukti, sepanjang tahun 2021, tidak ada lagi perkelahian antar lorong.

"Untuk antisipasi gangguan Kamtibmas, siang hari kita stand by di kantor menerima LP dan mendatangi TKP, malam harinya kita lakukan patroli," ujarnya.

Kini, masalah yang akan dihadapi terkait pemilihan kepala desa (Pilkades) yang bisa menimbulkan kerawanan. Di wilayahnua, ada 16 desa yang akan melaksanakan Pilkades. Untuk langkah-langkah antisipasi, pihaknya mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas.

"Kita juga back up dengan melakukan sambang desa setiap harinya," terangnya.

Baca Juga: Peredaran Narkoba Sangat Masif di Muna, Kapolres Fokus Lakukan Pemberantasan

Sementara itu, Camat Katobu, Asmadi Teno memuji kepemimpinan Kapolsek Katobu, Iptu LM Arwan. Katanya, selama ini kondisi wilayahnya sanga aman, nyaman dan terkendali. Hal tersebut juga tidak terlepas dari koordinasi yang dibangun tidak pernah terputus.

"Dinamika di masyarakat memang agak keras, tetapi, karena berkat koordinasi yang baik, sehingga bisa berjalan sesuai yang diharapkan," tukasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga