Unik, Kondom Bergerigi Anti Pemerkosaan

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 11 Agustus 2024
0 dilihat
Unik, Kondom Bergerigi Anti Pemerkosaan
Kondom bergerigi Anti Pemerkosaan diciptakan oleh Sonnet Ehlers akibat banyaknya jumlah pemerkosaan di Afrika Selatan. Foto: Repro Liputan6.com

" Kondom bergerigi anti-pemerkosaan atau Rape-aXe, dirancang untuk memberikan perlindungan bagi perempuan dengan cara yang tidak konvensional namun efektif "

AFRIKA SELATAN, TELISIK.ID - Di tengah upaya global untuk memberantas kekerasan seksual, sebuah inovasi unik hadir untuk melindungi wanita dari tindakan kejahatan yang mengerikan ini. Mulai dari tips berpakaian, membawa senjata tersembunyi, hingga kemampuan bela diri.

Inovasi ini dikenal sebagai kondom bergerigi anti-pemerkosaan atau Rape-aXe, alat ini dirancang untuk memberikan perlindungan bagi perempuan dengan cara yang tidak konvensional namun efektif.

Dilansir dari Fimela.com, inovasi ini dibuat oleh Sonnet Ehlers untuk mencegah aksi perkosaan di Afrika Selatan. Kondom bergigi itu akan membuat pemerkosa menderita, karena pelaku tidak bisa berjalan dan buang air kecil.

Baca Juga: Deretan Peristiwa Tukar Kepala Mata-Mata Amerika dan Rusia Era Joe Biden-Vladimir Putin

Ehlers terinspirasi menciptakan kondom ini karena dirinya pernah merawat korban perkosaan yang menderita beban psikologis yang berat.

"Rasanya sakit, dia (pemerkosa) tidak bisa kencing dan berjalan ketika itu. Jika dia (pemerkosa) mencoba untuk melepaskannya, maka akan menggenggam lebih erat tetapi bukannya lepas, kondom bergigi itu akan menyakitinya lebih parah," ujar Ehlers.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, meski bisa menyakitkan dan melumpuhkan pelaku, kondom ini tidak melukai kulit atau menyebabkan pendarahan pada perempuan. Setelah digunakan, hanya dokter yang dapat melepasnya kembali dari organ intim perempuan.

Ehlers berharap inovasinya ini memberi efek jera bagi pemakainya dan mengurungkan niat pelaku pelecehan seksual untuk melancarkan aksinya.

Dia membagikan 30.000 kondom spesial ini selama Piala Dunia 2010 silam. Setelah acara besar itu, kondom istimewa ini dijual eceran seharga 2 dolar AS atau sekitar Rp 25 ribu setiap unitnya.

Baca Juga: 20 Daftar Skor Wanita Paling Cantik di Asia

Memang, kasus pemerkosaan tinggi sekali di Afrika Selatan. Hal ini menyebabkan banyaknya wanita yang terkena HIV/AIDS karena diperkosa.

Kondom ini diciptakan Ehlers dengan penuh pengorbanan. Ia rela menjual rumah dan mobilnya untuk biaya riset serta percobaan berkali-kali untuk menemukan bentuk yang sesuai dan tidak menyakiti wanita itu sendiri.

Ehlers ingin wanita tidak selalu menjadi korban pemerkosaan. Namun, niat baik Ehlers sendiri mendapatkan beberapa kritikan namun hal ini tidak menyurutkan niat Ehlers untuk meminimalisir terjadinya kasus pemerkosaan. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga