adplus-dvertising

Usai Lebaran, DLHK Kendari akan Uji Coba Jemput Sampah ke Rumah Warga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Mei 2021
3818 dilihat
Usai Lebaran, DLHK Kendari akan Uji Coba Jemput Sampah ke Rumah Warga
Petugas kebersihan saat mengangkut sampah di bak sampah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Mungkin sudah lebaran kita akan uji. Di Jalan Jendral Ahmad Yani misalnya, berapa rumah yang ditangani untuk satu mobil sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Lingkungan (DLHK) akan melakukan uji coba menjemput sampah ke rumah warga.

Menurut Kepala DLHK Kendari, Nismawati, uji coba tersebut akan dilakukan usai lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Mungkin sudah lebaran kita akan uji. Di Jalan Jendral Ahmad Yani misalnya, berapa rumah yang ditangani untuk satu mobil sampah," katanya kepada Telisik.id, Rabu (5/5/2021).


Baca Juga: Harry Van Sidabukke Divonis 4 Tahun Penjara Soal Kasus Korupsi Bansos

Sementara untuk rumah warga yang ada di jalan setapak atau dalam lorong, DLHK Kendari akan bekerjasama dengan kelurahan setempat untuk membentuk komunitas peduli lingkungan yang nantinya akan membantu menjemput sampah ke rumah warga.

"Adapun untuk di lorong-lorong, kita kerjasama dengan kelurahan untuk membentuk komunitas peduli lingkungan. Nantinya akan mengadakan motor viar yang akan dipakai untuk menjemput sampah ke rumah warga," tambahnya.

Tidak hanya itu, lanjut Nismawati, pihaknya juga akan diadakan gerobak atau bedak ketika medan jalan ke rumah warga tidak memungkinkan dilewati motor viar tersebut.

Baca Juga: Nyaris Ricuh, Aksi Penertiban PKL di Busel Mendapat Perlawanan Warga

"Nah, petugas yang menjemput sampah ke rumah warga ini akan membawa sampah yang terkumpul itu ke mobil drum truk di depan kompleks. Mereka akan buat jadwal bertemu untuk diambil sampahnya," lanjutnya.

Dengan adanya inovasi dalam mengelola sampah tersebut, DLHK Kendari berharap tidak ada lagi sampah yang berhamburan di jalan atau sekitar kompleks rumah warga.

"Harapannya tidak ada lagi sampah yang tercecer ke depan," harapnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga