Usai Pelantikan, Ini Tahap Selanjutnya Bagi Anggota PPS di Konawe Kepulauan

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
0 dilihat
Usai Pelantikan, Ini Tahap Selanjutnya Bagi Anggota PPS di Konawe Kepulauan
Pelantikan anggota PPS oleh KPU Kabupaten Konawe Kepulauan, Selasa (24/1/2023). Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Ketua KPU Konawe Kepulauan, Iskandar melantik ratusan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan membahas tahapan selanjutnya bagi anggota baru "

LANGARA, TELISIK.ID - Ketua KPU Konawe Kepulauan, Iskandar melantik ratusan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan membahas tahapan selanjutnya bagi anggota baru, Selasa (24/1/2023).

Dalam proses pelantikan di bawah guyuran rintik hujan karena cuaca yang kurang mendukung, anggota PPS tetap semangat dan berdiri tegak saat pelantikan.

Seleksi calon anggota PPS Konawe Kepulauan dalam 7 kecamatan, 89 desa dan 7 kelurahan yang di nyatakan lulus adalah 288, Jumlah perempuan 147 dan laki-laki 141 orang.

Baca Juga: 258 Anggota PPS di Muna Barat Perlu Tekankan Hal Ini

Ketua KPU, Iskandar mengatakan setelah proses tahapan seleksi sampai pelantikan selesai, anggota PPS baru sudah mulai beraktivitas setelah usai dilantik.

Tugas pertama anggota PPS yang ditetapkan oleh KPU adalah menentukan ketua anggota PPS, tugas kedua mengusulkan jumlah calon sekertariat PPS dan tugas ketiga adalah merekrut panitia pemuktahiran daftar pemilih.

Baca Juga: 399 Anggota PPS Kolaka Timur Dilantik

“Sudah bisa beraktivitas setelah dilantik dan kami juga langsung mengintruksikan kepada mereka besok dan 7 hari ke depan untuk menentukan calon sekertariat serta perekrutan panitia pemuktahiran daftar pemilih selama 2 bulan masa kerja,” ujarnya.

Banyaknya pendaftar di setiap desa memberikan sedikit peluang bagi anggota PPS yang baru pada saat proses seleksi dan juga banyak menimbulkan polemik di sosial.

“Akibat banyaknya yang tidak lulus pada saat seleksi sehingga menimbulkan kecemburuan sosial, inilah yang nanti perlu kami benah agar tidak mejadi problem ke depanya dalam proses pendataan yang menjadi tugas kami,” ujar salah seorang anggota PPS, Robi (31). (B)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga