Usai Polri, Kini Antam Ajak TNI Jaga Obvitnas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 17 Maret 2023
0 dilihat
Usai Polri, Kini Antam Ajak TNI Jaga Obvitnas
Penandatanganan perjanjian kerjasama dan pedoman kerja Antam bersama TNI. Foto: Ist.

" PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sebagai BUMN industri pertambangan merupakan bagian dari Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang memiliki posisi strategis dalam pengelolaan sumberdaya mineral sebagai salah satu pilar pendukung pembangunan ekonomi nasional "

JAKARTA, TELISIK.ID - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sebagai BUMN industri pertambangan merupakan bagian dari Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang memiliki posisi strategis dalam pengelolaan sumberdaya mineral sebagai salah satu pilar pendukung pembangunan ekonomi nasional.

Oleh karenanya dibutuhkan sinergi yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk sinergi bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisiaan Republik Indonesia (Polri).  

Bersama dengan Polri, Antam telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama sebagai tanda sinergitas keamanan Obvitnas perusahaannya. Kini pengamanan teritorial semakin kuat dengan bantuan dari TNI.

Baca Juga: PT Antam Komitmen Berdayakan Masyarakat Sekitar Tambang Konawe Utara

Sinergitas bersama TNI dan Polri diperlukan mengingat wilayah operasional Antam yang luas dan tersebar secara nasional yang terdiri dari konsesi atas cadangan dan sumberdaya mineral strategis, fasilitas operasional pengolahan mineral yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Selain itu, inisiasi proyek hilirisasi perusahaan Antam yang diantaranya masuk dalam proyek strategis nasional, serta peran strategis Antam sebagai pemenuh kebutuhan pasokan mineral strategis berbasis komoditas nikel, emas dan bauksit bagi pelanggan di dalam maupun luar negeri, menjadi alasan lengkap mengapa pengamanan di perusahaan tersebut bersifat mutlak.

Antam bersama TNI menandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergitas Kegiatan Perbantuan Tentara Nasional Indonesia di Wilayah Operasional Perusahaan. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Utama Antam, Nico Kanter dan Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen TNI M Syafei K di Jakarta, (14/3/2023).

Nico Kanter mengatakan, Antam dan TNI sepakat untuk bekerjasama dalam perbantuan data dan informasi, penguatan pengamanan aset dan operasi Obvitnas dan fasilitas operasi lainnya yang dimiliki oleh Antam, entitas anak usaha dan afiliasi perusahaan.

Baca Juga: PT Antam Konawe Utara Bersama Pemda Launching Penanganan Stunting

Selain itu, Mayjend TNI, M Syafei mengatakan, pihaknya berkomitmen mengerahkan tenaga dukungan dalam penguatan pembinaan teritorial Obvitnas, bantuan bina lingkungan melalui tanggung jawab sosial lingkungan, dukungan penegakan hukum dan disiplin bagi oknum anggota TNI dan pihak lainnya di wilayah operasional perusahaan, sinergi peningkatan kompetensi sumber daya manusia serta sinergitas pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan negara.

Antam sebagai perusahaan nasional pengelola sumber daya alam, berkomitmen untuk memberikan nilai yang positif kepada seluruh pemangku kepentingan. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga