adplus-dvertising

Wajib Tahu, 5 Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur untuk Kulit Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 27 Oktober 2021
667 dilihat
Wajib Tahu, 5 Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur untuk Kulit Anda
Ilustrasi cuci muka sebelum tidur. Foto: Repro kompas.com

" Faktanya, membersihkan muka setelah selesai beraktivitas itu penting. Maka penting untuk diketahui manfaat cuci muka sebelum tidur untuk kulit wajah "

KENDARI, TELISIK.ID - Muka atau wajah adalah bagian tubuh yang banyak menarik perhatian. Sehingga penting untuk merawat agar tetap fresh.

Salah satu yang mudah dilakukan untuk merawat wajah adalah dengan mencuci muka .

Faktanya, membersihkan muka setelah selesai beraktivitas itu penting. Maka penting untuk diketahui manfaat cuci muka sebelum tidur untuk kulit wajah.


Melansir dari Senka.id, berikut manfaat mencuci muka atau wajah sebelum tidur:

1. Mencegah Infeksi Mata

Ketika malas mencuci muka, efeknya tidak hanya bagi kulit, tetapi juga bisa ke mata kita. Ya, hal ini sangat mungkin terjadi, terutama kamu sedang mengenakan riasan mata seperti maskara, eyeliner, atau eyeshadow dan membiarkannya hingga esok hari tanpa mencuci muka.

Lapisan maskara yang digunakan pada bulu mata mengandung bahan kimia di dalamnya. Jika dibiarkan menempel semalaman, bulu matamu dapat cepat rontok dan renggang.

Serupa juga dengan pemakaian eyeliner dan eyeshadow, kedua kosmetik ini juga diformulasikan dengan bahan kimia yang dapat mengakibatkan iritasi atau infeksi pada mata jika dibiarkan terlalu lama.

Baca Juga: My Name Season 2 Akan Digarap? Berikut Penjelasannya

Baca Juga: Viral: Bahagianya Wanita Cantik Ini, Bisa Nikah dan Wisuda Bersamaan

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat cuci muka sebelum tidur selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan sehat.

Pada siang hari, kulit kita tentunya telah terpapar oleh debu, polusi, hingga sinar UV yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya kulit kering.

Dengan mencuci muka sebelum tidur, artinya kamu telah membersihkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kadar air yang dimiliki oleh kulit wajah agar tetap lembap.

Tapi, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu memilih sabun cuci muka atau facial foam yang lembut di kulit. Sehingga, tidak membuat kulitmu semakin kering atau memberikan sensasi ‘kencang yang berlebih atau keset’ setelah mencuci muka.

3. Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti pori-pori yang tersumbat serta bakteri yang menempel di wajah.

Melewatkan rutinitas cuci muka sebelum tidur, apalagi dengan makeup yang masih menempel di wajah, bisa menyumbat pori-pori dan mengundang banyak bakteri untuk tumbuh, sehingga dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Tidak hanya jerawat, blackhead dan whitehead pun juga bisa muncul kalau kamu melewati rutinitas cuci muka sebelum tidur. Jadi, mulai sekarang, selalu pastikan kamu telah mencuci muka sebelum pergi tidur demi mengurangi risiko munculnya jerawat.

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, mencuci muka sebelum tidur dapat membersihkan kulit secara menyeluruh, bahkan hingga ke lapisan pori-pori.

Hal ini penting banget, karena tersumbatnya pori-pori akibat kotoran atau produk makeup dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Salah satunya adalah produksi sebum atau minyak wajah yang berlebih, hal ini dapat mengakibatkan datangnya jerawat, komedo ataupun whitehead. 

5. Melawan Kulit Kusam

Memiliki kulit wajah yang cerah merona merupakan impian semua orang. Hal ini bisa kamu capai jika kamu rajin cuci muka sebelum tidur. Karena, mencuci muka sebelum tidur juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat menempelnya kotoran, debu, polusi, dan sisa makeup pada siang hari.

Tapi, ingat untuk pastikan mencuci muka dengan gerakan yang lembut. Karena, mencuci muka secara terburu-buru justru malah membuat kulit wajah menjadi kasar, kering, hingga iritasi.

Lakukan dengan gerakan memutar sambil memijatnya dengan lembut, sehingga otot pada wajah menjadi rileks dan terjaga elastisitasnya.

Mengutip dari alodokter.com, idealnya, Anda perlu mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, untuk membersihkan wajah dari debu, kuman, polusi, dan minyak atau sebum berlebihan yang menempel di kulit.

Pilihlah sabun pembersih wajah yang berbahan kimia lembut dan tidak mengiritasi kulit, misalnya yang tidak mengandung zat antibakteri, dan pewangi. Ini karena pembersih wajah dengan bahan kimia keras bisa membuat minyak alami kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kering dan iritasi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga