Wajib Tahu, Ini 5 Cara Komunikasi yang Disukai Banyak Orang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Wajib Tahu, Ini 5 Cara Komunikasi yang Disukai Banyak Orang
Komunikasi yang baik memiliki peran penting dalam kesuksesan seseorang. Foto: Repro hasilcopa.com

" Salah satu kunci sukses yang harus dimiliki setiap orang adalah cara komunikasi yang baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kunci sukses yang harus dimiliki setiap orang adalah cara komunikasi yang baik.

Pada dasarnya, dikutip dari merdeka.com, komunikasi merupakan sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Secara etimologis, kata komunikasi berasal dari bahasa latin “communicare” yang artinya “menyampaikan”.

Menurut asal katanya tersebut, arti komunikasi adalah proses penyampaian makna dari satu entitas atau kelompok ke kelompok lainnya melalui penggunaan tanda, simbol, dan aturan semiotika yang dipahami bersama.

Baca Juga: Hal yang Perlu Ditulis dalam Pendaftaran PPPK Guru 2022 di Portal SSCN, Wajib Diperhatikan

Olehnya itu keberhasilan seseorang dalam kehidupan sosial tidak terlepas pada cara komunikasinya yang baik, sehingga bisa disukai oleh banyak orang.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara komunikasi yang disukai oleh banyak orang:

1. Jadilah pendengar yang baik apabila tidak.bisa berbicara dengan baik

Jika kita masih belum mampu untuk berbicara dengan baik maka kamu haris bisa menjadi pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang baik kamu dapat belajar bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik dari banyak orang.

Dengan menjadi pendengar yang baik berarti kamu sudah menghargai lawan bicaramu. Orang lain tentunya akan menilai baik attitude yang kamu miliki.

2. Berikan respon sederhana seperti senyuman dan anggukan

Respon tersebut berguna untuk memberi tahu lawan bicara kita bahwa kita menyimak dan memahami apa yang lawan bicara kita bicarakan. Selain itu respon tersebut menandakan bahwa kita menghargai lawan bicara kita.

Jika kita tidak mengeluarkan respon tersebut terkadang membuat lawan bicara kita menjadi kebingungan. Sehingga mereka akan bingung untuk melanjutkan pembicaraannya.

3. Bicara dengan apa yang mereka butuhkan

Saat kita ingin berbicara alangkah baiknya kita melihat kondisi lawan bicara kita dahulu. Kemudian kita harus bisa berbicara sesuai dengan hal yang mereka butuhkan, jangan memaksakan keinginan kita.

Dengan berbicara yang dibutuhkan oleh lawan bicara, maka pembicaraan kita akan menjadi lebih bermanfaat nantinya. Orang lain juga akan menerima manfaat tersebut.

4. Bicara dengan dibantu gesture yang berkesan

Saat kamu bicara alangkah baiknyankamu tidak hanya mengandalkan mulutmu. Akan tetapi kamu juga harus mengandalkan gesture badanmu dan ekspresi wajah yang kamu miliki. 

Baca Juga: 6 Tips Jitu Merawat Motor Biar Lebih Hemat BBM

Dengan mengandalkan ekspresi wajah dan gesture badan maka akan membuat pembicaraanmu menjadi lebih menarik. Sehingga orang lain pun akan lebih senang mendengar apa yang kamu bicarakan.

5. Melakukan kontak mata saat berbicara

Saat berbicara atau tidak kamu harus tetap melakukan kontak mata dengan lawan bicaramu. Ketika sedang berbicara kontak mata tersebut dapat membuat orang lain menjadi lebih fokus dengan apa yang kita bicarakan.

Sedangkan saat kita mendengarkan orang lain, kontak mata tersebut digunakan sebagai bentuk dari menghargai dan menghormati lawan bicara kita.

Nah, itulah beberapa cara komunikasi yang baik dan disukai banyak orang yang perlu kita tahu. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga