Wakapolda Sulawesi Tenggara Minta Kasatker Tindaklanjuti Hasil Audit Kinerja

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 21 November 2023
0 dilihat
Wakapolda Sulawesi Tenggara Minta Kasatker Tindaklanjuti Hasil Audit Kinerja
Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Dwi Iriyanto, didampingi Irwasda Kombes Pol Yun Imanullah, Karo SDM Kombes Pol Danang Beny. Foto: Ist.

" Wakapolda meminta para kasatker segera menindaklanjuti hasil audit kinerja dengan melakukan langkah-langkah perbaikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Dwi Iriyanto, memimpin taklimat akhir audit kinerja Itwasda tahap II T.A 2023, yang fokus pada aspek pelaksanaan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dachara, Selasa (21/11/2023).

Wakapolda didampingi oleh Irwasda Polda Kombes Pol Yun Imanullah, Karo SDM Kombes Pol Danang Beny, serta jajaran pejabat utama Polda Sulawesi Tenggara. Wakapolda membuka taklimat dengan menyampaikan pentingnya konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan dalam mengeksekusi program organisasi.

"Indikator keberhasilannya yaitu terwujudnya konsistensi antara perencanaan dengan pelaksanaan dengan syarat kelayakan penyerapan anggaran berdasarkan ketentuan teknis," ungkap Brigjen Dwi Iriyanto.

Penerapan standar biaya masukan, biaya keluaran, dan kesesuaian jenis belanja berdasarkan kode akun standar, menjadi ketentuan teknis yang harus diikuti. Hal ini tercermin dalam laporan pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan satker, yang menjadi fokus pada setiap kegiatan audit kinerja aspek pelaksanaan dan pengendalian.

Baca Juga: Wakapolda Sulawesi Tenggara Resmikan Rumah Dinas Bintara Polres Buton Utara

"Saya minta para kasatker agar segera tindaklanjuti dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan guna mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan di satuan kerjanya masing-masing," ungkap Wakapolda, mewakili Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Teguh Pristiwanto.

Brigjen Pol Dwi Iriyanto, pimpin pelaksanaan taklimat akhir audit kinerja Itwasda tahap II T.A 2023. Foto: Ist.

 

Sebagai informasi tambahan, melansir istwada.polri.go.id, Itwasda memiliki fungsi utama penyusunan rencana kerja dan anggaran, pengelolaan manajemen personel dan logistik, administrasi, ketatausahaan, serta pengelolaan keuangan. Pengawasan dilakukan melalui audit penyelenggaraan manajemen di berbagai bidang, review, pemantauan tindak lanjut, dan evaluasi.

Baca Juga: Wakapolda Sulawesi Tenggara Terima Masukan Warga Kecamatan Kadia di Jumat Curhat

Sebagai lembaga eksternal, Itwasda juga bertugas memberikan konsultasi, sosialisasi, dan asistensi, serta menangani pengaduan masyarakat terkait instansi Polri. Dalam konteks audit kinerja, hal ini menjadi penting untuk menjamin kualitas pelaksanaan tugas polisi di lingkungan Polda.

Dalam menjalankan tugasnya, Itwasda juga berperan dalam penyusunan dan perumusan kebijakan di bidang pengawasan. Kegiatan ini memberikan penjaminan kualitas bagi operasional, sumber daya manusia, logistik, dan anggaran keuangan (Garkeu) di lingkungan Polda Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga