adplus-dvertising

Waspada, 4 Hal Ini Membuat Kamu Batuk Usai Minum Es

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
715 dilihat
Waspada, 4 Hal Ini Membuat Kamu Batuk Usai Minum Es
Air berisi es batu kristal. Foto: Repro liputan6.com

" Salah satu yang membuat seseorang bisa batuk adalah mengkonsumsi es. Makanya seringkali orang tua melarang anaknya berlebihan minum air es "

KENDARI TELISIK.ID - Salah satu yang membuat seseorang bisa batuk adalah mengkonsumsi es. Makanya seringkali orang tua melarang anaknya berlebihan minum air es.

Mengutip halodoc.com, batuk adalah tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk.

Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu.


Ketika mengalami batuk sebenarnya bukanlah masalah besar. Hanya saja, batuk usai mengkonsumsi makanan atau minuman dingin memang sangat mengkhawatirkan.

Jika Anda sering mengalami beberapa serangan batuk setiap kali usai mengkonsumsi makanan tertentu, seperti es, itu berarti ada yang salah dengan cara tubuh Anda menangani makanan tersebut.

Melansir kompas.com, berikut beberapa hal yang bisa memicu batuk usai minum es:

1. Pengerasan lendir

Saat kita mengkonsumsi es, apa yang diminum itu menetes perlahan ke kerongkongan dan menyebabkan trakea menjadi dingin sehingga lendir di dalamnya mengental.

Lendir yang mengental tersebut membuat tenggorokan akan terasa gatal dan akhirnya memicu batuk.

Hal ini juga membuat Anda cenderung menghasilkan air liur yang kental dan bahkan dahak setelah minum es.

2. Alergi

Jika sering mendapatkan serangan batuk setelah minum es, bisa jadi kita alergi terhadap produk yang ada di dalam minuman tersebut.

Ketika alergi terhadap makanan, minuman, atau zat tertentu lainnya, tubuh menganggapnya sebagai ancaman potensial yang harus segera dihilangkan.

Baca Juga: Deretan Artis Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Bukan Raffi Ahmad

Perlu diketahui, batuk hanyalah salah satu dari berbagai reaksi tubuh yang terjadi ketika tubuh bertemu dengan zat-zat ini dan sistem kekebalan beraksi.

3. Infeksi

Jika mengalami infeksi di laring (kotak suara) atau kerongkongan, kita rentan mengalami batuk setelah makan atau minum apapun, termasuk es.

Sebab, infeksi tersebut membuat laring atau kerongkongan menjadi bengkak dan lebih sensitif.

Hal ini dapat menyebabkan bagian tubuh tersebut tidak berfungsi atau memicu respons agresif seperti batuk ketika terpapar dengan makanan atau minuman.

4. Bronkospasme

Sekitar 5 hingga 10 persen orang batuk setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin karena mereka mengembangkan suatu kondisi yang dikenal sebagai bronkospasme.

Baca Juga: Ingin Cetak Sertifikat Vaksin dari Aplikasi PeduliLindungi? Begini Caranya

Bronkospasme adalah kondisi mengencangnya otot-otot yang melapisi saluran udara secara tiba-tiba. Hal tersebut mengakibatkan penyempitan saluran udara dan akhirnya kesulitan bernapas hingga batuk.

Bronkospasme umum terjadi pada penderita asma dan alergi, sekaligus sebagai reaksi terhadap makanan dan minuman dingin. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga