Waspada, Ini 7 Ciri-Ciri Penyakit Gula yang Harus Diwaspadai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 28 November 2022
0 dilihat
Waspada, Ini 7 Ciri-Ciri Penyakit Gula yang Harus Diwaspadai
Diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Foto: Repro lifepack.id

" Salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat adalah penyakit gula. Jenis penyakit satu ini cukup mengkhawatirkan, makanya penting mengetahui ciri-ciri agar bisa diatasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat adalah penyakit gula. Jenis penyakit satu ini cukup mengkhawatirkan, makanya penting mengetahui ciri-ciri agar bisa diatasi.

Dikutip dari halodoc.com, diabetes atau penyakit gula merupakan penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi serius, menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh.

Baca Juga: 3 Jenis Susu Aman Dikonsumsi Penderita Maag

Olehnya itu, perlu mengetahui ciri-ciri jika memang mengalami penyakit gula agar bisa dicegah sedini mungkin.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa ciri-ciri penyakit gula yang wajib diwaspadai:

1. Sering merasa lapar dan kelelahan

Tubuh memerlukan insulin untuk memproses glukosa dari makanan menjadi energi bagi tubuh. Namun, penderita sakit gula akan mengalami resistensi insulin sehingga glukosa tidak dapat diproses di dalam tubuh.

Kondisi ini kemudian akan menyebabkan tubuh kekurangan energi dan menimbulkan ciri-ciri penyakit gula, seperti tubuh menjadi mudah lelah serta sering merasa lapar.

2. Sering buang air kecil

Ciri-ciri penyakit gula yang satu ini umum terdeteksi sebagai gejala awal diabetes. Kelebihan glukosa dalam darah penderita diabetes memaksa ginjal bekerja keras untuk menyaring dan menyerap gula darah. Hal ini membuat tubuh memproduksi lebih banyak urine, sehingga terjadi peningkatan frekuensi buang air kecil.

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika sering mengalami buang air kecil lebih dari 7 kali sehari.

3. Sering merasa haus meski telah minum banyak

Ketika buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya dehidrasi dan membuat penderita diabetes sering merasa haus. Makin banyak minum, makin tinggi pula frekuensi buang air kecil.

4. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan tanpa perubahan pola makan merupakan ciri-ciri penyakit gula yang kerap ditemukan pada penderita diabetes tipe 1.

Penurunan berat badan yang terbilang cepat ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cukup energi dari makanan. Akibatnya, otot dan lemak yang tersimpan di tubuh akan dibakar untuk menghasilkan energi.

5. Mulut dan kulit terasa kering

Sering buang air kecil yang yang merupakan ciri-ciri penyakit gula dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).

Dehidrasi membuat kelembapan kulit berkurang, sehingga mulut dan kulit terasa kering. Kadang-kadang, kulit juga bisa terasa gatal akibat terlalu kering.

6. Penglihatan kabur

Perubahan keseimbangan cairan tubuh akibat peningkatan kadar gula dalam darah bisa menyebabkan lensa mata membengkak dan mengubah titik fokus mata, sehingga memengaruhi penglihatan.

Jika kondisi ini berlangsung lama, penderita diabetes bisa mengalami penglihatan kabur, bahkan kebutaan.

Baca Juga: 5 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

7. Luka sulit sembuh

Ciri-ciri penyakit gula selanjutnya adalah luka sulit sembuh. Tingginya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan aliran darah terganggu, sehingga proses penyembuhan luka secara alami menjadi terhambat.

Selain beberapa gejala di atas, ciri-ciri penyakit gula lainnya adalah sering kesemutan di tangan dan kaki, sering sariawan, sering mengalami gatal di organ intim, serta gusi menjadi bengkak, kemerahan, dan berdarah.

Jika Anda merasakan ciri-ciri penyakit gula di atas dan memiliki faktor risiko diabetes, segera konsultasikan ke dokter.

Nah, itulah beberapa ciri seseorang yang memiliki penyakit gula atau diabetes. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga