adplus-dvertising

Yuk Berubah, Hindari 5 Sifat yang Buat Anda Bermental Lemah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 Agustus 2021
958 dilihat
Yuk Berubah, Hindari 5 Sifat yang Buat Anda Bermental Lemah
Orang yang bermental lemah akan mudah merasa putus asa. Foto: Repro idntimes.com

" Mental yang kuat, juga membuat relasimu dengan orang lain berjalan dengan baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki mental yang kuat, akan sangat membantu dalam menjalani hidup ini. Sebab seseorang jadi tak mudah takluk dengan berbagai tantangan ataupun masalah yang mendera bertubi-tubi.

Dilansir dari media.neliti.com, mental adalah semua unsur-unsur jiwa termasuk pikiran, emosi, sikap (attitude) dan perasaan yang dalam keseluruhan dan kebulatannya akan menentukan corak laku, cara menghadapi suatu hal yang menekan perasaan, mengecewakan atau menggembirakan, menyenangkan.

Mental yang kuat, juga membuat relasimu dengan orang lain berjalan dengan baik. Karena orang bermental kuat, mampu mengendalikan emosi, sehingga interaksi sosial minim dari konflik.


Sayangnya, gak semua orang punya mental yang kuat. Banyak pula yang memiliki kondisi mental yang lemah.

Dilansir dari yoursay.com, berikut mental yang lemah yang harus Anda ubah dan hindari:

1. Sulit menentukan keputusan sendiri

Sifat yang paling mencirikan orang yang bermental lemah, adalah sulit untuk mengambil keputusan sendiri. Kita lebih familiar dengan istilah plinplan.

Gak ada pendirian sama sekali. Selalu menuruti pendapat orang-orang di sekitarnya. Padahal, pendapat mereka belum tentu tepat diaplikasikan pada hidupnya.

2. Selalu bergantung pada orang lain

Orang bermental kuat, tak masalah ketika harus jalan sendiri, atau tak memiliki pasangan. Kondisi tersebut sama sekali tak menghalangi kebahagiaannya.

Berbeda dengan orang dengan mental lemah. Sifatnya selalu bergantung pada orang lain. Kemana-mana harus ditemani, ketika punya pasangan, maunya nempel terus.

3. Berusaha membuat semua orang menyukai

Hidup akan penuh tekanan apabila kamu berusaha disukai oleh semua orang. Ini dapat menjebakmu pada melakukan apa pun yang orang lain suka, meski dengan mengorbankan diri sendiri.

Dan itulah yang dilakukan oleh orang bermental lemah. Haus akan pengakuan orang lain, membuat dirinya jadi people pleaser. Berusaha selalu menuruti kemauan orang lain, supaya bisa diterima.

Baca Juga: Viral: Wanita Ini Belanja ke Tukang Sayur Pakai Vespa Dior Rp 1,35 Miliar

Baca Juga: Jangan Berhubungan Intim di Saat Seperti Ini, Resikonya Bahaya

4. Terjebak dengan bayang-bayang masa lalu

Orang bermental lemah, senang sekali berandai-andai. Hidupnya benar-benar terbayangi kenangan buruk di masa lalu. Padahal, waktu yang telah lewat tak bisa diputar kembali.

Akibatnya, ia sulit untuk produktif. Karena emosi dan suasana hatinya dikendalikan oleh kenangan buruk yang pernah dialami.

5. Gampang menyerah

Setiap kali membaca kisah orang sukses, kamu bisa melihat kesamaan yang dimiliki mereka. Mentalnya tangguh! Karena memang untuk meraih sukses, tidaklah mudah. Ada banyak aral rintangan yang mesti dilewati.

Orang bermental lemah tak kuat akan hal ini. Itulah sebabnya, mereka gampang sekali menyerah ketika dihadapkan pada kegagalan berulang kali. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga