10 Induk Olahraga Sulawesi Tenggara Berangkat ke Fornas VII Jawa Barat, 150 Kontingen Diterjunkan

Kardin

Reporter

Minggu, 25 Juni 2023  /  1:14 pm

Para kontingen KORMI Sulawesi Tenggara yang bakal ke Fornas VII Jawa Barat secara resmi dilepas di pelataran Eks MTQ Kendari, Minggi (25/6/2023). Foto: Kardin/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Menghadapi Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023 Jawa Barat, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sulawesi Tenggara melepas 150 kontingennya, di pelataran Eks MTQ Kendari, Minggu (25/6/2023).

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Tenggara, Trio Prasetio, mengapresiasi animo dari induk olahraga (Inorga) yang telah bergabung bersama KORMI.

Menurutnya, salah satu tujuan Fornas adalah memberikan pengalaman bertanding bagi para atlet dalam rangka peningkatan prestasi yang optimal. Termasuk membangun kegemaran dalam hubungan sosial kemasyarakatakan untuk memperoleh kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan kebersamaan.

Trio membeberkan, KORMI memiliki perbedaan dengan KONI. Untuk KONI, lebih konsentrasi terhadap olahraga prestasi. Sedangkan KORMI, fokus dalam menggerakkan masyarakat agar giat berolahraga yang nantinya bisa menumbuhkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, unggul dan mampu berprestasi di bidang olahraga.

Baca Juga: Kunjungi Telisik.id, Mahasiswa Jurnalistik UHO Kendari Bahas Responsif Media pada Gender dan Anak

"Luar biasa KORMI Sulawesi Tenggara. Saya mewakili gubernur dan wagub yang tidak berada di tempat, mengucapkan selamat bertanding. Saya harap semua bisa menjunjung tinggi sportifitas. Pertandingan bukan hanya soal menang atau kalah, tetapi juga tentang membangun persahabatan dan kerjasama antar sesama," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris KORMI Sulawesi Tenggara, Jaya Bhakti menjelaskan, sesuai hasil rapat bersama Ketua KORMI, Lukman Abunawas, dalam turnamen kali ini, KORMI mengutus 150 kontingen dari 10 Inorga. Mereka akan berlaga mulai dari 2-9 Juli 2023.

"Peserta kita ini kian meningkat. Fornas sebelumnya itu hanya sekitar 40 orang, sekarang capai 150 orang. Tahun ini

peserta terbanyak itu dari panahan mencapai 39 orang," jelasnya.

"Pak Ketua KORMI juga memberikan bantuan dana masing-masing Rp40 Juta untuk setiap Inorga yang akan berangkat ke Jawa Barat," sambung Jaya Bhakti.

Dia berharap, seluruh peserta yang akan berlaga menjadikan setiap momen dalam perlombaan ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan potensi terbaik demi mengharumkan nama Sulawesi Tenggara di kancah nasional.

"Kita target lebih baik dari selebumnya," pungkasnya.

Berikut daftar 10 Inorga yang akan berlaga di Jawa Barat:

Baca Juga: Oknum TNI AD Marah-Marah di Ajang Balapan Motor di Kota Kendari

1. Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (BAVETI).

2. Yayasan Jantung Indonesia (YJI).

3. Indonesia Offroad Federation (IOF).

4. Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (FESPATI).

5. Indonesia e-Sport Association (IESPA).

6. Perkumpulan Praktis Yoga Nasional Indonesia (PPYNI).

7. Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI).

8. Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI).

9. Komunitas Indonesia Skateboard (KIS)

10. Indonesia Drum Corps Association (DCA). (B)

Penulis: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS