2021, Pemkab Muna Bakal Beli Dua Armada Damkar

Sunaryo

Reporter Muna

Senin, 31 Agustus 2020  /  11:37 am

Kasat Pol PP Muna, Bahtiar Baratu. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Armada Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemkab Muna sudah tidak laik pakai. Dari lima unit, hanya dua armada yang bisa jalan. Itupun, kondisinya sudah ngos-ngosan.

Setiap kali terjadi kebakaran, selalu mengalami kerusakan. Tak pelak, para petugas Damkar, selalu kena semprot dari warga.

Untuk lebih memaksimalkan penanganan kebakaran, Pemkab melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) tahun 2021 nanti, berencana akan membeli dua unit armada.  

"Pak Bupati sudah OK-kan untuk pengadaan dua unit Damkar, karena dianggap sangat mendesak," kata Bahtiar Baratu, Kasat Pol PP Muna, Senin (31/8/2020).

Baca juga: Seorang Dokter di Konsel Meninggal Akibat COVID-19

Anggaran yang akan dialokasikan di APBD 2021 kurang lebih sebesar Rp 3 miliar. Anggaran itu untuk pengadaan dua unit mobil dengan kapasitas tangki besar dan kecil. Dengan adanya tambahan armada itu, akan lebih memaksimalkan kerja anggotanya dalam menghadapi musibah kebakaran.

"Kalau sudah ada tambahan armada, satu unit kita akan stay-kan di pasar. Kita juga akan bangunkan tandon," ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas PUPR itu menambahkan, untuk tahun ini, di APBD-P, pihaknya hanya mengusulkan untuk pengadaan selang dan dua mesin alkon dengan anggaran kurang lebih Rp 30 juta.

"Saat ini, kita maksimalkan dulu armada yang ada dengan menambah mesin alkon dan selang," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali