25 Anggota DPRD Kota Baubau Dilantik dan Diharapkan Kawal Pilkada 2024

Elfinasari

Reporter

Selasa, 01 Oktober 2024  /  9:00 pm

Pelantikan 25 Anggota DPRD Kota Baubau periode 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Foto: Ist

BAUBAU, TELISIK.ID – Sebanyak 25 anggota DPRD Kota Baubau resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024) di ruang sidang paripurna DPRD Kota Baubau.

Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi, menyampaikan harapannya agar para anggota DPRD yang baru dilantik dapat memaksimalkan peran mereka dalam mengawal pelaksanaan Pilkada 2024. Ia menekankan pentingnya pengawasan di setiap tahapan hingga pelantikan kepala daerah terpilih nantinya.

Menurutnya, sukses penyelenggaraan Pilkada 2024 bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Gempa Tektonik M6,2 SR Guncang Laut Banda Wakatobi, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

“Dalam hal ini, DPRD diharapkan dapat memberikan dukungan terkait kebijakan, sarana, prasarana, serta personel yang akan mengawasi jalannya pilkada,” kata Rasman.

Rasman juga menyoroti pentingnya peran anggota DPRD yang terpilih. Dia mengatakan bahwa Pemilu 2024 telah menghadirkan wajah-wajah baru dari beragam latar belakang profesi, tidak hanya kalangan politisi.

Ia pun mengingatkan bahwa anggota dewan harus memiliki kompetensi yang prima, yang mencakup pengetahuan luas, kemampuan handal, dan sikap perilaku yang baik.

“Anggota DPRD berhak meningkatkan kompetensi dan kualitasnya melalui kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis. Penting untuk melaksanakan ini secara proporsional dengan fokus pada peningkatan hard skill dan soft skill,” ujarnya.

Baca Juga: Enam Personel Polres Buton Diganjar Penghargaan

Rasman menyampaikan apresiasi kepada para Anggota DPRD Kota Baubau masa jabatan 2024-2029 yang baru saja dilantik. Dia pun memberikan penghargaan kepada anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 atas pengabdian mereka.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Baubau, Yahya Wirayahman, menjelaskan bahwa komposisi anggota DPRD terdiri dari 12 anggota yang terpilih kembali dan 13 anggota baru.

Ia berharap anggota DPRD yang dilantik dapat menjadi lebih produktif, bersinergi, dan kolaboratif dengan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan di Kota Baubau. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS