Bak Model Profesional, Bupati, Wabup, Kadis dan Camat Tampil di Fashion Show Tenun Masalili

Sunaryo

Reporter Muna

Senin, 20 Desember 2021  /  8:40 am

Bupati-Wabup Muna bersama istri mengikuti fashion show. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Fashion show yang dilaksanakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muna dengan busana tenun Masalili berjalan sukses.

Menariknya, peserta peragaan busana yang mengambil tema The Hidden Beauty itu bukan saja dari kalangan anak-anak, dewasa dan umum, tetapi diikuti pula oleh Bupati LM Rusman Emba, Wakil Bupati (Wabup) Bachrun Labuta, kepala dinas (Kadis) dan camat.

Penampilan para pejabat daerah itu, pada Minggu malam (19/12/2021) sangat memukau para penonton. Masing-masing peserta yang diawali bupati bersama istrinya, Yanti Setiawati, dengan lincah berjalan di atas panggung bak model profesional.

Begitu pula dengan wabup, kadis dan camat yang semula malu-malu, tiba di atas panggung justru tampil dengan percaya diri menampilkan gaya ala ABG.

Bupati dan istrinya, mengenakan busana bermotif ombak laut hasil karya perajin Wa Ode Niati yang menjadi juara I pada lomba motif tenun yang diselenggarakan Dekranasda Sultra baru-baru ini. Sedangkan wabup bersama istrinya, Sitti Leomo, mengenakan busana dengan motif Pokandua hasil perajin Erni.

Ketua Dekranasda Muna, Yanti Setiawati menerangkan, peragaan busana itu dilakukan untuk lebih mempromosikan tenun Masalili, sehingga lebih dikenal masyarakat luas, sekaligus merangsang kreatifitas para perajin, desainer lokal serta perputaran ekonomi pada indsutri kerajinan.

"Kegiatan ini bagian dari langkah Dekranasda agar masyarakat mencintai tenun, sehingga bisa lebih terkenal lagi di tingkat provinsi maupun nasional," kata Yanti.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, lanjut wanita berhijab itu, tenun Masalili telah menjadi primadona di Sultra. Hal tersebut tentunya, berkat pembinaan yang dilakukan Dekranasda terhadap para perajin di Desa Masalili, Kecamatan Kontunaga.

Baca Juga: Pansel Belum Umumkan 3 Besar Calon Sekda Muna, Ada Apa?

"Dati 17 kabupaten/kota, Dekranasda Sultra mengakui Dekranasda Muna yang paling besar melakukan pembinaan terhadap perajin. Ini semua juga tidak terlepas dari dukungan Pemkab," terangnya.

Kegiatan fashion show itu menjadi agenda rutin Dekranasda setiap tahunnya. Ke depan, ia berharap peserta akan bertambah dari kalangan Forkopimda, anggota DPRD, instansi veritikal dan lembaga BUMN.

Baca Juga: Jalur Transportasi Laut Kolaka - Bajoe Wajibkan Calon Penumpang Bawa Bukti Vaksin

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku, produk kerajinan tenun Masalili terus menunjukkan trend kemajuan yang luar biasa. Tenun Masalili bukan saja dikenal di Sultra, namun hingga tingkat nasional maupun mancanegara.

"Tenun Masalili sudah memiliki tempat di hati masyarakat nasional, makanya, kita harus terus mempromosikan agar bisa makin berjaya," tandasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali