Begini Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Pemula

Ibnu Sina Ali Hakim

Reporter

Senin, 25 Juli 2022  /  8:57 pm

Auransi Mobil All Risk dan TLP membagikan tips bagi anda yang ingin memilih asuransi dengan cara yang tepat. Foto: Ist

KENDARI, TELISIK.ID - Anda mungkin ingin tahu tentang produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan? Apakah ada tips memilih asuransi dengan premi terjangkau?

Alokasi dana untuk asuransi memang tak sedikit. Itulah mengapa Anda butuh ketelitian saat menentukan produk atau perusahaan agar tak mengalami kerugian.

Memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah. Semua perusahaan asuransi sudah pasti mengklaim jika perusahaannya yang terbaik.

Selain asuransi kesehatan dan jiwa, jenis asuransi yang umum dipilih adalah asuransi mobil yang terdiri dari asuransi TLO dan asuransi All Risk. Untuk Anda yang ingin memiliki proteksi kendaraan secara comprehensive alias menyeluruh, bisa pilih asuransi mobil All Risk.

Buat Anda seorang pemula yang ingin mengetahui tips memilih asuransi yang tepat, dapat menyimak lebih lanjut dalam artikel berikut ini:

1. Pilih Perusahaan dengan Reputasi Terbaik

Hal yang tidak boleh anda abaikan saat memilih asuransi adalah mempertimbangkan reputasi perusahaan asuransi yang ingin dipilih. Anda juga bisa mengetahui biaya asuransi TLO mobil sebelum anda memilih.

Perusahaan yang baru berdiri tidak lantas buruk, tapi menentukan perusahaan yang sudah berdiri lama akan memudahkan anda dalam menganalisa rekam jejak beserta reputasinya. Dengan demikian, Anda bisa meminimalisasikan risiko kerugian.

Perusahaan asuransi dengan kredibilitas baik tentunya juga mempunyai reputasi yang baik pula. Anda bisa dapatkan informasi dari sosial media, surat kabar dan sumber informasi lainnya.

Jangan ragu untuk bertanya pada teman yang sudah menggunakan asuransi tersebut. Jika Anda menemukan banyak keluhan dari para nasabah atau bahkan terjadi penipuan, akan lebih baik tidak memilih perusahaan tersebut.

2. Pertimbangkan Premi Terjangkau

Dalam memilih asuransi, Anda bisa bandingkan antara perusahaan asuransi supaya bisa mendapatkan premi terjangkau.

Setiap perusahaan biasanya menyediakan premi yang bervariasi. Semakin mahal premi tidak selamanya bisa menjamin kualitas produk asuransinya.

Perusahaan yang baik biasanya menyediakan harga premi yang kompetitif namun tetap berkualitas. Terkait hal tersebut, Anda bisa membandingkan produk sejenis dari beberapa perusahaan sekaligus.

Anda harus memahami kebutuhan agar tidak gampang tergoda saat ditawarkan dengan berbagai produk asuransi. Anda juga bisa gunakan kalkulator premi asuransi agar bisa mendapatkan gambaran terkait premi yang harus dibayarkan.

3. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Rekanan Berkualitas

Perusahaan asuransi harus mempunyai banyak rekanan berkualitas. Semakin banyak rekanan yang dimiliki, maka akan semakin mudah untuk mengakses layanan yang dibutuhkan.

Hal tersebut sangat penting terlebih lagi saat nasabah nantinya membutuhkan penanganan medis yang dibutuhkan dengan cepat. Namun, untuk asuransi kendaraan, banyak rekanan bengkel berkualitas juga menjadi penting.

Dengan demikian, Anda sebagai nasabah nantinya akan merasa tenang saat bepergian ke mana saja. Jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap kendaraan, maka ada banyak rekanan bengkel yang dapat Anda temukan.

4. Memahami Sistem Asuransi

Mengapa Anda harus memahami sistem asuransi? Tujuannya agar anda bisa memanfaatkan asuransi tersebut secara maksimal dan sebaik mungkin, khususnya saat anda ingin mengajukan klaim.

Terdapat beberapa sistem klaim asuransi, seperti cashless dan reimburse. Jika sistem klaim asuransi menggunakan jenis reimburse, saat Anda mengalami suatu kejadian yang tercantum dalam polis, maka harus mengurus dan membayar semua biaya terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa mengajukan klaim terkait penggantian biaya yang sudah dikeluarkan ke perusahaan asuransi.

Baca Juga: Harga Emas 24 Juli 2022 Melonjak Lagi, Ini Rinciannya

Untuk jenis klaim asuransi cashless, Anda harus menunjukkan kartu anggota tanpa harus menalangi sejumlah biaya yang muncul untuk bisa mendapatkan perawatan. Pihak asuransi nantinya akan mengurus biaya tersebut secara langsung.

5. Pahami Apa yang Anda Butuhkan

Agar asuransi yang Anda pilih tidak mubazir, Anda harus mengetahui apa yang anda butuhkan dari jenis asuransi yang ingin dibeli. Sayang jika Anda sudah membayar premi namun manfaat yang ditawarkan ternyata tidak cocok dengan kebutuhan.

Misalnya, jika kebutuhan utama adalah asuransi kesehatan yang bisa menanggung rawat inap dan rawat jalan, maka Anda bisa pilih asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Harga Emas 25 Juli 2022 Bertahan, Ini Rinciannya

Anda tak perlu membeli asuransi dengan harga yang sama dengan harga asuransi murni namun manfaatnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

6. Bandingkan Jenis Asuransi

Cara menentukan asuransi yang tepat lainnya adalah dengan membandingkan produk asuransi. Kebiasaan membandingkan saat memilih jenis asuransi sangat dianjurkan karena asuransi adalah komitmen jangka panjang. (C-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar