Bupati Muna Pastikan Pembangunan Stadion Sepak Bola Tidak Bakal Mangkrak

Sunaryo

Reporter Muna

Minggu, 22 Januari 2023  /  5:19 pm

Bupati Muna, LM Rusman Emba memastikan pembangunan stadion sepak bola tidak akan mangkrak. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna tahun 2022 mulai membangun stadion sepak bola di kawasan Motewe, Kecamatan Batalaiworu yang anggarannya bersumber dari pinjaman progam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 16,8 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Anggaran sebesar itu, hanya untuk pembangunan tribun dan penimbunan. Saat ini, proyek yang dikerjakan PT Laskar Buton Semesta itu dihentikan sementara akibat tidak diselesaikan hingga 31 Desember 2022 lalu.

Progres fisik pekerjaan sampai dengan Januari 2023 ini, baru mencapai 80 persen. Untuk kelanjutan pembangunannya tergantung Inspektorat yang saat ini masih melakukan cut off.

Baca Juga: Kelanjutan Pembangunan Stadion Tergantung Inspektorat Muna

Komisi III DPRD Muna meragukan proyek tersebut, bila tidak dilanjutkan akan mangkrak, sehingga daerah akan rugi.

"Otomatis rugi, karena tiap tahun daerah harus membayar bunga dan pokok pinjaman," kata Ketua Komisi III, Awal Jaya Bolombo, Minggu (22/1/2023).

Bupati Muna, LM Rusman Emba memastikan pembangunan lapangan sepak bola itu tidak akan mangkrak. Tahun ini, pembangunannya akan dilanjutkan. Anggarannya bersumber dari dana alokasi umum (DAU).

Baca Juga: Kelanjutan Pembangunan Stadion di Muna Tunggu Arahan BPKP

"Step by step kita selesaikan. Insya Allah 2024, bisa difungsionalkan," kata Rusman.

Sementara itu, Kadispora Muna, Rahmat Raeba secara keseluruhan, anggaran yang dibutuhkan masih sekitar Rp 19 miliar. Ia memastikan bila ada pemberian kesempatan sekali lagi, kontrakor akan menyelesaikan pekerjaannya.

"Materialnya tersedia, kini tergantung Inspektorat saja," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS