Kelanjutan Pembangunan Stadion Tergantung Inspektorat Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
Kelanjutan Pembangunan Stadion Tergantung Inspektorat Muna
Stadion sepak bola di kawasan Motewe yang pembangunannya dihentikan sementara. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pembangunan stadion sepak bola di kawasan Motewe, Kabupaten Muna dihentikan sementara oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan stadion sepak bola di kawasan Motewe, Kabupaten Muna dihentikan sementara oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Penyebabnya, pihak kontraktor PT Laskar Buton Semesta tak mampu menyelesaikan proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 16,8 miliar dari pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) hingga 31 Desember 2022.

"Sesuai saran BPKP, kita hentikan sementara sambil menunggu cut off yang dilakukan Inspektorat," kata Kadispora Muna, Rahmat Raeba, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Kelanjutan Pembangunan Stadion di Muna Tunggu Arahan BPKP

Sesuai hitungan mereka, saat ini, progres fisik lapangan bola itu baru 80 persen dengan anggaran yang cair sekitar 64 persen. Namun, untuk lebih pastinya masih menunggu hasil cut off yang dilakukan Inspektorat.

"Tinggal dilihat nantinya. Hasil cut off itu menentukan apakah ada pemberian kesempatan bagi kontraktor atau tidak," ujarnya.

Inspektur Muna, La Koanto mengaku, telah menurunkan tim untuk melakukan cut off. Tim akan bekerja selama 10 hari untuk melihat kelayakan progres fisik, kondisi keuangan yang ada sekalugus melihat kemungkinan pemberian kesempatan.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Sepak Bola Terancam Mangkrak, Kadispora Muna Warning Kontraktor

"Kita tunggu dulu hasil kerja tim cut off.  Nanti rincinya, saya sampaikan," ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo sangat menyayangkan lambannya pihak kontraktor menyelesaikan pekerjaan itu. Padahal, telah diberikan kesempatan dua kali. Ia berharap hasil dari cut off, kontrkator bisa diberi kesempatan sekali lagi untuk menyelesaikan pekerjaannya, sehingga proyek itu tidak mangkrak.

Sementar itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba meminta komitmen pihak kotraktor untuk menyelesaikan pekerjaanya. Apalagi, yang ia lihat, semua material telah tersedia.

"Harus diselesaikan, jangan dibiarkan begitu saja," tegasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga