Ciptakan Lingkungan Sekolah Aman dan Nyaman, DP3A Gelar Kampanye Stop Bullying

Siti Nabila

Reporter

Kamis, 26 September 2024  /  2:11 pm

Sosialisasi Stop Bullying di SMPN 12 Kendari berlangsung hangat dan meriah. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari menggelar kampanye "Stop Bullying" di SMP Negeri 12 Kendari. Kegiatan ini  dihadiri oleh ratusan siswa, guru, serta perwakilan dari orang tua murid.

Kepala DP3A Kota Kendari, Haslita mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap dampak negatif bullying serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan nyaman bagi semua pelajar.

“Kami ingin memastikan bahwa sekolah menjadi tempat yang aman dan ramah bagi anak-anak kita. Bullying tidak boleh dibiarkan, karena hal itu bisa merusak masa depan mereka,” ujar Haslita, Rabu (25/9/2024).

Menurut Haslita, kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman tentang berbagai bentuk bullying, baik secara fisik, verbal, maupun cyberbullying yang marak terjadi di era digital.

Baca Juga: Cegah Bullying, Kekerasan Seksual dan Narkoba di Kalangan Pelajar, Polisi Blusukan di SMPN 39 Buton

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Bullying dan Lima Cara Cegahnya

Kegiatan ini diisi dengan sosialisasi terkait definisi bullying, dampak psikologis yang ditimbulkan, hingga cara-cara mencegah terjadinya tindakan tersebut. Haslita juga mengajak untuk lebih peka terhadap perilaku yang mengarah pada bullying, baik secara fisik maupun verbal, serta dilatih untuk melaporkan tindakan tersebut kepada guru atau pihak berwenang.

“Kami berharap dengan adanya kampanye ini, anak-anak bisa lebih memahami bahwa bullying bukanlah hal yang bisa ditoleransi. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menjadi agen perubahan di sekolah untuk mencegah bullying,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Nurahmah, salah satu guru SMPN 12 Kendari. Dia berharap dengan adanya kampanye di SMPN 12 Kendari, menjadi langkah awal yang baik untuk menekan kasus bullying di kalangan pelajar dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS