Makna Kemerdekaan bagi Kaum Perempuan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Makna Kemerdekaan bagi Kaum Perempuan
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UHO, Viska Inda Variani (kiri), dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UHO, Weka Widayanti (kanan). Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Kemerdekaan bagi perempuan bisa merupakan kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan karir, memilih pasangan hidup, memiliki kesempatan meraih pendidikan terbaik, merdeka dari bullyan, hingga merdeka dari tuntutan sosial di sekitarnya "

KENDARI, TELISIK.ID – Hari kemerdekaan memiliki makna tersendiri bagi setiap warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hari Kemerdekaan Indonesia jadi hari yang penuh dengan sukacita dan kegembiraan. Seluruh rakyat Indonesia merayakannya dengan berbagai macam kegiatan, seperti upacara bendera, pawai, dan perlombaan.

Seperti diketahui, Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Tahun ini, Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-78.

Hadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Lapangan Rektorat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Halu Oleo (DWP UHO), Viska Inda Variani memaknai kemerdekaan dengan menebar kebaikan.

“78 tahun Indonesia merdeka, kita bisa memaknai kemerdekaan kita dengan kebaikan, berikan hal positif dan terus bersilaturahmi,” ujar Viska.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UHO, Weka Widayanti memaknai kemerdekaan sebagai suatu kondisi yang membuat masyarakat bisa berkembang dan berkreasi secara bebas.

Baca Juga: Peringati HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Rektor UHO: Perjuangan dalam Pendidikan Belum Selesai

“Bagi generasi muda dan kita semua bisa mengaktualisasikan kompetensi, mengembangkan kreatifitas di lingkungan kita,” ujarnya.

Perjuangan para pahlawan kemerdekaan membuat masyarakat Indonesia dapat menghirup udara bebas dan jiwa yang terlepas dari penjajahan. Kebebasan telah berevolusi, dan sekarang kebebasan dalam berdemokrasi serta berekspresi menjadi satu di antara bentuk nyata kebebasan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ali Mazi-Lukman Abunawas Rayakan HUT RI Terakhir Sebagai Gubernur dan Wagub Sulawesi Tenggara

Dilansir dari Fimela.com, kemerdekaan bagi perempuan bisa merupakan kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan karir, memilih pasangan hidup, merdeka memiliki kesempatan meraih pendidikan terbaiknya, merdeka dari bullyan orang lain, hingga merdeka dari tuntutan sosial di sekitarnya.

Menjadi perempuan merdeka sebaiknya tahu apa yang ingin dia mau. Perempuan harus tahu apa yang menjadi potensi dalam dirinya. Jika sudah tahu apa potensinya, raih potensi itu sebaik mungkin.

Tetap jadi perempuan yang tak mengesampingkan pendapat dan nasehat orang lain. Jadilah perempuan yang merdeka, setara dengan pria tapi tak mengenyampingkan kodratmu sebagai perempuan. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga