CPNS dan CPPPK Tahun 2021 Muna Barat Ikut Orientasi

Amsir

reporter Muna Barat

Selasa, 17 Mei 2022  /  4:44 pm

Sebanyak 79 CPNS dan 114 CPPPK Muna Barat mengikuti orientasi. Foto: Amsir/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (CPPPK) Tahun 2021 di Kabupaten Muna Barat mulai mengikuti orientasi di daerah setempat.

CPNS dan CPPPK sedang melakukan masa orientasi yang dilaksanakan di Desa Kampobalano, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, di halaman Kantor Bupati, Selasa (17/5/2022).

Sebanyak 79 CPNS dan 114 CPPPK mengikuti orientasi mulai hari ini. Hal itu ditandai dengan penyematan kartu orientasi kepada peserta oleh Bupati Muna Barat, Achmad Lamani saat pelaksanaan upacara Hari Kesadaran Nasional.

Pada kesempatan itu, Achmad Lamani mengatakan, kehadiran CPNS dan CPPPK di jajaran birokrasi pemerintah, hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja, juga harus memiliki kemampuan beradaptasi dan bekerja sesuai kemampuan masing-masing.

Ke depannya kata dia, harapan dan tuntutan masyarakat terhadap birokrasi sangat besar. Di antaranya tuntutan kinerja yang berkualitas dan tuntutan solusi terbaik sebagai respon atas kebijakan dan permasalahan yang muncul.

Baca Juga: Inspektorat Konawe Imbau pengelolaan DD Harus Transparan

"Juga tuntutan lebih inovatif, kreatif, dan responsif terhadap berbagai keadaan dan tuntutan kondisi prima ASN untuk mengabdi sesuai dengan kompetensinya,” tutur Achmad Lamani.

Oleh karena itu, CPNS dan CPPPK diharapkan dapat memberikan inovasi yang bermanfaat untuk organisasi di era digitalisasi. Selain itu, sebagai pelayan bagi masyarakat, ASN dan PPPK dalam melaksanakan tugas diharuskan untuk tetap mengutamakan pelayanan yang prima meskipun di tengah pandemi COVID-19 termasuk Kabupaten Muna Barat saat ini.

Dia berharap bisa memberikan jawaban untuk itu bisa menjawab tuntutan-tuntutan tersebut.

"Pemkab Muna Barat akan  memandang perlu memberikan orientasi bagi CPNS dan CPPPK dalam rangka pembekalan awal sebelum bekerja dilakukan," ucapnya.

Ia menyampaikan hal terpenting dalam orientasi adalah dapat memahami norma, standar dan prosedur serta nilai-nilai organisasi dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Baca Juga: Teken MoU, Universitas Muhammadiyah Segera Bangun Kampus di Muna

Orientasi terhadap hal-hal yang terkait dengan pekerjaan organisasi perlu diberikan kepada CPNS dan CPPPK.

"Tentu saja harapannya adalah pimpinan OPD juga dapat membantu CPNS dan CPPPK dalam memahami budaya organisasi, norma-norma yang berlaku maupun yang terkait dengan tindakan dan perbuatan yang dapat diterima oleh pegawai," ucapnya. (C)

Penulis: Amsir

Editor: Kardin