Deklarasi Serentak di 34 Provinsi, Ganjar Siap Rebut Kursi Presiden

M Risman Amin Boti

Reporter Jakarta

Minggu, 22 Agustus 2021  /  8:29 pm

Konferensi Pers Sahabat Ganjar di Jakarta. Foto : Repro kompas.com

JAKARTA, TELISIK.ID – Pemilihan umum (Pemilu) selalu menjadi momentum para politisi untuk meraih puncak kekuasaan, bahkan figur publik lainnya, termasuk Pemilu 2024 mendatang.

Meski Pemilu 2024 masih lama, namun belakangan nama-nama politisi pun ramai diberbincangkan, seperti Pua Maharani selaku Ketua DPR-RI/F-PDIP dan Airlangga Hartato Ketua Umum DPP Golkar, bahkan termasuk juga Menko Perekonomian RI dan Ganjar Parnowo selaku Gubernur Jawa Tengah.

Namun, rupanya yang lebih muncul para pendukung Gubernur Jawa Tengah dengan mengatasnamakan Sahabat Ganjar, telah menggelar deklarasi secara serentak se-Indonesia.

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani mengatakan, Ganjar merupakan sosok yang dekat dengan berbagai elemen masyarakat termasuk anak muda, pemimpin yang ramah, merakyat, dinamis, dan mengedepankan dialog.

“Kami menebarkan semangat yang selama ini digaungkan Ganjar tersebut di 50 kota pada 34 provinsi di Indonesia," ujar Lenny dalam jumpa persnya di Jakarta, Minggu (22/8/2021).

Lebih lanjut, Lenny menjelaskan, tujuan deklarasi serentak adalah untuk konsolidasi agar bisa bersinergi dan bergerak bersama sesuai visi dan misi Sahabat Ganjar.

“Yaitu mengusung Ganjar (politisi PDIP) untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang," katanya.

Lenny menambahkan, Sahabat Ganjar dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyebarluaskan semangat kepemimpinan Ganjar ke masyarakat luas.

Baca Juga: Vaksinasi Bersyarat KTP, Bagaimana Nasib Warga yang Belum Miliki KTP?

Baca Juga: Pinjaman PEN Cair, Pekerjaan Fisik di Muna Dikebut

“Sahabat Ganjar akan secara nyata mendukung Ganjar untuk maju pada Pilpres 2024," ujar dia.

Disisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lebih gencar mempromosikan Puan Maharani.

Lantas bagaimana sikap Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri? Menurut pengamat politik Indonesia, Refly Harun, Megawati sudah membaca gerak-gerik Ganjar yang dibesarkan, namun akan megganggu trah Soekarno.

“Sebenarnya yang saya amati ya, Megawati sudah membaca gerak arah bahwa Ganjar Pranowo ini seperti anak macan jadinya. Dibesarkan tapi secara teoritis akan mengganggu trah Bung Karno,” ujar Refly dalam channel YouTube Sahabat RH, Selasa (3/8/2021). (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha