Dekranasda Kabupaten Konawe: Komitmen Kembangkan Warisan Budaya Bangsa dan Perluas Pasar ke Luar Negeri

Sigit Purnomo

Reporter

Senin, 21 Oktober 2024  /  4:30 pm

Pj Bupati Konawe, Stanley, mengukuhkan pengurus baru Dekranasda Kabupaten Konawe, Senin (21/10/2024). Foto: Ist

KONAWE, TELISIK.ID – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Stanley, mengukuhkan Ketua dan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe pada Senin (21/10/2024) di Hotel Tiga Putra Unaaha.

Dalam susunan kepengurusan Dekranasda yang baru, Stanley bertindak sebagai Pembina dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan, menjadi penasihat.

Adapun susunan pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe adalah Ketua, Hj. Kusniyati Stanley, Ketua Harian, Hj. Husniah Nuhung Makati; Wakil Ketua I, Dr. Cici Ita Ristianti; Wakil Ketua II, Syahadat Isra Miradj Ferdinand; Sekretaris, Yusniati; Wakil Sekretaris, Sarmawati; Bendahara, Sudriani; dan Wakil Bendahara, Sri Rahayu Wayung.

Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, Kusniyati Stanley, menyampaikan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik. Ia berharap agar kepengurusan yang baru dapat mengemban amanah dan memajukan Dekranasda Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Penahanan Guru Honorer di Konawe Selatan Picu Aksi Mogok Belajar Siswa TK hingga SMP

“Dengan kepengurusan yang baru ini, kami berharap dapat memajukan Dekranasda Kabupaten Konawe ke depan,” ujarnya.

Setelah pelantikan Dekranasda Konawe akan melakukan pembenahan dan merancang program kerja yang lebih terukur dan terencana.

Kusniyati mengajak seluruh jajaran Dekranasda untuk membangun koordinasi dengan pihak terkait, serta melakukan pendataan dalam mewujudkan pengembangan sektor kerajinan di Kabupaten Konawe sesuai dengan tujuan Dekranas.

“Kami berkomitmen untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya bangsa, serta membina penemuan teknologi baru. Selain itu, kami ingin menanamkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya seni kerajinan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Kusniyati juga menekankan pentingnya memperjuangkan kepentingan perajin dengan mendorong semangat kewirausahaan. Ia berharap Dekranasda bisa memberikan masukan kepada pemerintah dalam perumusan kebijakan yang mendukung pengembangan industri kerajinan di Konawe.

“Kami akan berupaya meningkatkan kualitas dan kreativitas perajin, serta memperluas pasar di dalam maupun luar negeri,” paparnya.

Peran Dekranasda dan lembaga pemerintah, menurut Kusniyati, juga penting dalam membina perajin, terutama dalam pengembangan kerajinan berbasis sumber daya alam dan warisan budaya daerah.

“Ini adalah langkah penting dalam menghadapi persaingan ekonomi global, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para perajin di Kabupaten Konawe,” tambahnya.

Baca Juga: Rajiun-Purnama Optimis Menang Usai Pelantikan Presiden Prabowo

Seluruh pihak diajak untuk bersama-sama meningkatkan inovasi, kreativitas, dan keterampilan dalam bidang seni kerajinan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga akan memfasilitasi para perajin dalam mendapatkan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual mereka, serta mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan,” tutupnya.

Kusniyati pun berharap seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe mampu membuat terobosan baru yang dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan para perajin.

“Dengan demikian, kami dapat berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian para perajin di Kabupaten Konawe,” pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS