Empat Mahasiswa UHO Lolos Pimnas Kemendikbudristek 2024

La Ode Hamid

Reporter

Kamis, 19 September 2024  /  9:22 pm

Dosen Pembimbing dan Mahasiswa PKM Farmasi UHO. Foto La Ode Hamid/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID – Empat mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berhasil lolos dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Keempat mahasiswa ini selanjutnya akan mewakili UHO di Universitas Airlangga, Surabaya, pada tanggal 14 hingga 19 Oktober 2024.

Tim yang dikenal sebagai Hydrosa ini, dibimbing oleh La Ode Muh. Fitrawan S.Farm, M.Sc, Apt, terdiri dari Andi Muh. Rayhan Anugrah, Auxilia Mathilda Fernandez, Citra Annisa Dini Rusman Saputri, dan Seni Lestari.

Baca Juga: Usulan Percepatan Transformasi IAIN Kendari jadi UIN Diserahkan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Judul penelitian yang diangkat adalah "Mengungkap Potensi Hidroget Ekstrak Daun Salam (Syzygium polyanthum Wight) Sebagai Antifungi Terhadap Candida albicans Secara In-Vivo dan In-Vitro."

Fitrawan menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan mengembangkan obat antifungi (antijamur, red) dan diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi mahasiswa dan masyarakat. Anggaran yang diterima dari Kemendikbudristek akan digunakan untuk pembelian bahan-bahan penelitian.

Ketua Tim PKM Hydrosa, Andi Muh. Rayhan Anugrah, mengungkapkan bahwa mereka telah melalui berbagai tahapan, termasuk workshop tentang penyusunan proposal PKM yang diadakan oleh BEM Farmasi UHO.

Setelah menyusun proposal dan melalui seleksi internal, mereka akhirnya berhasil mendapatkan pendanaan bersama 34 tim lainnya dari UHO.

Baca Juga: Deretan Kampus Top Dunia Punya Jurusan Bahasa Indonesia

“Setelah lolos pendanaan, kami mulai merealisasikan inovasi dan ide dengan bekerja di laboratorium selama kurang lebih tiga bulan,” kata Andi. Dia menambahkan bahwa meski ada tantangan, proses ini akan membawa mereka ke arah yang lebih baik.

Tim juga diwajibkan untuk melaporkan progres penelitian mereka secara berkala, termasuk presentasi di PKP2 (Penilaian Kemajuan Proposal PKM) yang dilaksanakan secara daring pada 29 Juli.

Dengan prestasi ini, mereka berharap dapat memotivasi mahasiswa lain, terutama di Fakultas Farmasi, untuk bersaing di tingkat nasional. (B)

Penulis: Laode Hamid

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS