Gas Elpiji 3 Kg di Kolaka Utara Langka, Imbas Kemacetan Jalan Trans Sulawesi Kecamatan Wolo Kolaka

Siti Nabila

Reporter

Sabtu, 06 Juli 2024  /  4:34 pm

Imbas kemacetan di Jalan Trans Sulawesi, Kolaka, membuat tabung gas elpiji 3 kilogram di Kolaka Utara mengalami kelangkaan. Foto: Kolase

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kelangkaan tabung gas elpiji melanda masyarakat Kolaka Utara. Hal itu diketahui merupakan imbas dari kemacetan yang terjadi di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Uluwolo, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kemacetan diduga terjadi akibat pelebaran jalan, yang diperparah hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama tiga hari berturut-turut.

Diketahui berbagai jenis kendaraan yang terjebak dalam antrian hingga berjam-jam lamanya. Salah satunya truk bermuatan tabung gas elpiji tujuan Kolaka Utara. Akibat peristiwa ini dikhawatirkan akan berdampak pada perputaran ekonomi.

Surya, seorang agen tabung gas elpiji yang menangani distribusi untuk wilayah Kecamatan Lasusua, Kolut, saat dihubungi melalui telepon seluler membenarkan jika keberadaan tabung gas elpiji 3 kilogram saat ini tengah mengalami kelangkaan akibat kemacetan tersebut. Surya juga khawatir kelangkaan tabung akan berdampak pada naiknya harga gas.

Baca Juga: Tak Kunjung Dibenahi, Warga Kolaka Utara Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

Sementara itu, kelangkaan ini juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat Kecamatan Lasusua terutama bagi mereka yang bergantung pada gas elpiji 3 kilogram sebagai bahan bakar untuk memasak.

Misna seorang warga Kecamatan Lasusua, Kolut mengeluhkan sulitnya mendapatkan tabung gas 3 kg di pangkalan-pangkalan, membuat dia beralih menggunakan kompor bertenaga listrik.

Baca Juga: Kemacetan di Jalan Trans Sulawesi Kecamatan Wolo Kolaka Capai 3 Km

"Memang lagi langka, sudah keliling juga tidak dapat. Jadinya saya pakai panci listrik untuk sementara, tapi itupun masak seadanya, tapi kayaknya tidak akan berlangsung lama ini,” ujar Misna saat dihubungi Telisik.id.

Hal yang sama juga melanda Iin, seorang warga Kecamatan Lasusua, saat dihubungi via telepon seluler yang mengaku resah dengan kelangkaan gas elpiji. Akibatnya dia jadi malas masak dan lebih memilih makan di warung. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS