Jalan Dibenahi dan Pabrik Jagung Dibangun di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 26 Agustus 2020
0 dilihat
Jalan Dibenahi dan Pabrik Jagung Dibangun di Muna
Bupati Muna, LM Rusman Emba disambut warga saat melakukan kunjungan kerja di Kabangka. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kalau tidak ada halangan bulan Oktober mendatang sudah mulai dibangun. "

MUNA, TELISIK.ID - Keluhan masyarakat Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna terhadap kerusakan jalan akhirnya terjawab.

Bupati Muna, LM Rusman Emba, memastikan dalam waktu dekat akan membenahi ruas jalan yang dimulai dari Desa Lahorio hingga Komba-Komba.

Untuk anggaranya, Rusman telah memporsikan sebesar Rp 3 miliar. Pengerjaanya akan dilakukan paling terlambat pekan depan.  

"Anggaranya sudah siap, tinggal actionnya. Kalau tidak ada halangan, Insya Allah, pekan depan akan dimulai," kata Rusman di hadapan masyarakat Kecamatan Kabangka di sela-sela kunjungan kerja, Rabu (26/8/2020).

Perbaikan jalan di Kecamatan Kabangka, sebenarnya sudah harus dimulai pada awal tahun. Namun, karena pandemi COVID-19, banyak anggaran yang ditarik kembali ke pusat. Salah satunya, anggaran untuk peningkatan jalan di Kabangka. Kendati demikian, ia tetap berusaha mengembalikan anggaran itu sebagian melalui refocusing.

"Saat ini, kita jalannya kita fungsionalisasikan dulu. Insya Allah, 2021 kita akan sempurnakan," ujarnya.

Baca juga: Bupati Buton Kunjungi Masyarakat Desa Terujung

Selain membenahi jalan, di Kecamatan Kabangka dalam waktu dekat juga akan dibangun pabrik pengolahan Jagung Kuning. Pemkab bersama salah satu investor telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembangunanya.

"Kalau tidak ada halangan bulan Oktober mendatang sudah mulai dibangun," sebutnya.

Ia menerangkan, investor tertarik membangun pabrik pengolahan jagung di Kabangka dikarenakan, menjadi wilayah pengembangan Jagung Kuning. Sudah banyak Jagung Kuning yang dijual ke luar daerah.

"Dengan adanya pabrik pengolahan, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," ujarnya.

Pemkab, tambah mantan senator DPD RI itu, akan memberi perhatian serius terhadap seluruh kecamatan di Bumi Sowite. Khusus di Kabangka, Pemkab akan mengembangkan sebagai sentra pertanian, karena memiliki potensi jagung yang sangat menjanjikan.

"Semua sektor akan kita kembangkan. Mulai dari pertanian, perikanan dan pariwisata, akan terus kita genjot dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga